Isi Artikel Utama
Abstrak
Dari hasil tinjauan awal di lapangan selama ini, jika diamati bahwa sebagian besar kegiatan guru di SMP 2 Cangkringan lebih berorientasi pada misi pendidikan dan pengajaran di kelas. Sedangkan visi dan misi ilmiah dalam bentuk penulisan dan publikasi ilmiah sering terabaikan. Implikasi dari kenyataan ini, penulisan dan publikasi karya ilmiah di kalangan guru masih memprihatinkan. Adapun solusi yang ditawarkan ialah memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SMP 2 Cangkringan. Target luaran pengabdian ini berupa jasa pelatihan berupa informasi terkait penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi artikel ilmiah. Melalui kegiatan pengabdian yang telah dilakukan memiliki tiga hal yang ditingkatkan yaitu memperdalam pengetahuan guru tentang karya tulis ilmiah, mengenalkan dan menggalakkan kegiatan menulis artikel ilmiah di jurnal untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme dan memotivasi guru untuk mulai mempublikasikan karya tulis ilmiah berupa artikel ilmiah di jurnal. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan pemahaman tentang karya tulis ilmiah, alasan mengapa guru harus membuat karya ilmiah, konsep karya tulis ilmiah, dan proses menulis karya ilmiah. Selanjutnya para guru mendapatkan materi tentang cara mempublikasikan karya tulis ilmiah beserta tahapannya.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Sumekar Tanjung

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Fitrianawati, M., & Kurniawan, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi dan Produktivitas Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Karya Ilmiah. Abdimas Dewantara, 3(1). https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.3519
- Haekal, M., Fatimah, I., Yudoyono, G., Subagyo, B. A., Pramono, Y. H., Hapsari, Y. D., & Suyatno, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng. Sewagati, 6(1). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.136
- Kamarudin, & Pahar, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Karya Abdi, 5(1), 71–78.
- Karlina, D. A. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Karya Tulis Ilmiah untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i1.24001
- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (n.d.). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. In 2009. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
- Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30653/002.202051.256
- Nafi’ah, S. (2022). Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.312
- Sarasati, B., & Nurvia, O. (2021). Emosi Dalam Tulisan Emotion in Writing. Jurnal Psibernetika, 14(1).
- Thoharudin, M., Huda, F. A., & Suryadi, T. (2021). Meningkatkan Semangat Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3208
- Wiharto, W., Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan Guru SMA Kabupaten Klaten dalam Rangka Publikasi Ilmiah dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942
Referensi
Fitrianawati, M., & Kurniawan, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi dan Produktivitas Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Karya Ilmiah. Abdimas Dewantara, 3(1). https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.3519
Haekal, M., Fatimah, I., Yudoyono, G., Subagyo, B. A., Pramono, Y. H., Hapsari, Y. D., & Suyatno, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng. Sewagati, 6(1). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.136
Kamarudin, & Pahar, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Karya Abdi, 5(1), 71–78.
Karlina, D. A. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Karya Tulis Ilmiah untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i1.24001
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (n.d.). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. In 2009. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30653/002.202051.256
Nafi’ah, S. (2022). Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.312
Sarasati, B., & Nurvia, O. (2021). Emosi Dalam Tulisan Emotion in Writing. Jurnal Psibernetika, 14(1).
Thoharudin, M., Huda, F. A., & Suryadi, T. (2021). Meningkatkan Semangat Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3208
Wiharto, W., Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan Guru SMA Kabupaten Klaten dalam Rangka Publikasi Ilmiah dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942
