Isi Artikel Utama

Abstrak

Program Abdimas merupakan upaya penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pemilik usaha UMKM Aksara Bonsai di Gempol, Pasuruan. Permasalahanya dimana pelaku usaha ini kurang paham dalam pengelolaan media sosial. Maka dari itu, media sosial penting bagi pihak pelaku usaha dalam pengenalan produk secara efisien dan memasarkan di media sosial yang sebelumnya hanya pada pendeketan konvensional. Adapun tahapan pelaksanaan program tersebut yaitu observasi dan wawancara, perencanaan ide, proses kegiatan, pendampingan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan dilaksanakan dalam waktu 2 (dua) minggu 2 kali yakni dari Minggu, 18 dan 25 Juni 2023 pada pukul 09.00 – 13.00 WIB di stand aksara bonsai Gempol, Pasuruan. Hasil dari kegiatan yakni pelaku usaha UMKM telah memahami pengelolaan media sebagai wadah untuk berjualan/memasarkan produk, penataan lapak penjualan, dan cara membuat logo sebagai identitas UMKM.

Kata Kunci

UMKM pendampingan Penguatan kapasitas, Karang taruna, Workshop, Media sosial, Pariwisata.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Candraningrat, C., Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 82–91. https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3253
  2. Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan …, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
  3. Dya Lestari, E., Sukarno, G., & Timur, J. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Pomosi Dan Penjualan Poduk UMKM Di Kelurahan Sananwetan Utilizing Social Media as a Platform for Promoting and Selling UMKM Products in Sananwetan Subdistrict. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 19–28.
  4. Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
  5. Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
  6. Kristiyanti, & Lisda Rahmasari, S. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Juni, 13(2), 186.
  7. Pasaribu, R. (2020). Optimalization of Online Media As a Solution for Msme Marketing Promotion in Semarang Through Covid-19 Pandemic. Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01), 33–44.
  8. Rahmi, N., Maula, N., Nasti, N. N., Adilla, H., Arief, M., Fadhillah, F., Falla, C. Z., Siregar, M. I., & Nashrillah, N. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(2), 64–70.
  9. Riwoe, F. L. R., & Mulyana, M. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i1.1389
  10. Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
  11. Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.3943
  12. Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
  13. Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah, N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.
  14. Suhandiah, S., & Widyasari, A. A. (2021). Pemanfaatan media sosial online dan strategi konten untuk meningkatkan pemasaran UMKM ESM collection. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.17509/tmg.v1i2.40058
  15. Wuriyanti, O., & Febriana, P. (2022). Problematika Penggunaan New Media ( Whatsapp ) di Kalangan Lansia sebagai Media Bertukar Pesan di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 16(2), 161–175.