Isi Artikel Utama

Abstrak

Komunikasi pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Dengan komunikasi yang efektif antara guru dan siswa, serta antar siswa dalam bentuk diskusi atau kerjasama dalam tugas, pemahaman siswa dapat ditingkatkan, motivasi belajar dapat meningkat, dan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik. Termasuk dalam hal ini adalah komunikasi dalam pengembangan Pendidikan Berbasis Tauhid.  Oleh karena itu kami menyelenggarakan program pengembangan Pendidikan Berbasis Tauhid di SDIT Darussalam Selokerto, yang saat ini tengah mengembangkan Pendidikan Berbasis Tauhid sebagai kekhasan sekolah. Pendidikan Berbasis Tauhid yang dimaksud lebih pada spirit penguatan nilai-nilai keIslaman yang menjiwai pelaksanaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh SDIT Darussalam Selokerto. Pendidikan berbasis Tauhid merupakan suatu pendekatan dalam merancang kurikulum pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip keimanan dan tauhid dalam Islam. Konsep ini menempatkan keyakinan akan keesaan Allah (tauhid) sebagai landasan utama dalam semua aspek pembelajaran dan pendidikan. Pendidikan berbasis tauhid, memiliki tujuan utama untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam semua bidang kehidupan. Mata pelajaran yang diajarkan diintegrasikan dengan prinsip-prinsip tauhid, sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan mereka dengan Allah dan tugas-tugas sebagai hamba-Nya. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikasi pembelajaran para guru dalam penguatan Kurikulum Berbasis Tauhid. Bentuknya melalui rangkaian workshop dengan sub tema sebagai berikut:  (1) Urgensi Pendidikan Berbasis Tauhid dan Eksplorasi Persepsi Guru, (2) Konsep Pendidikan Berbasis Tauhid, (3) Komunikasi Pembelajaran dalam Pendidikan Berbasis Tauhid, (4) Integrasi Tauhid ke dalam Kurikulum Sekolah, (5) Peran Guru dalam Pendidikan Berbasis Tauhid, (6) Kurikulum Tauhid untuk Pendidik.

Kata Kunci

Komunikasi Pembelajaran Psikologi Pendidikan Kurikulum Berbasis Tauhid

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Subhan Afifi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=_jQLt9YAAAAJ&hl=id

Referensi

  1. Afroni, S., & Triana, R. (2018). Komunikasi pembelajaran berbasis al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 157–178.
  2. Afifi, S., & Kurniawan, I. N. (2021). Ragam komunikasi verbal dalam al-Qur’an. Jurnal Komunikasi, 15(2), 153–170. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol15.iss2.art6
  3. Afifi, S., & Harianti, P. (2021). The relationship marketing communication strategy during the COVID-19 pandemic: A case study of Islamic schools in Yogyakarta. Proceedings of the 3rd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2021), 235–240. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.056
  4. Afifi, S., & Setiawan, N. A. (2021). Communication ethics in the book of Adabul Mufrad by Imam Al-Bukhari. Communications in Humanities and Social Sciences, 1(2), 82–90. https://doi.org/10.21924/chss.1.2.2021.20
  5. Afifi, S., & Suparno, B. A. (2023). Principles of interpersonal communication in Islam: A theoretical framework. In Proceedings of the International Conference on Islamic Social Sciences and Humanities (ICONISH), Volume 1 (pp. 121-134). Retrieved from https://fpscs.uii.ac.id/wp-content/uploads/2023/11/ICONISH-Article-16_121-134-Principles-of-Interpersonal-Communication-in-Islam_Subhan-Afifi_Basuki-Agus-Suparno.pdf
  6. Arijulmanan, A. (2019). Pengembangan kurikulum ekonomi Islam berbasis tauhid: Studi kurikulum program studi ekonomi Islam STEI Tazkia Bogor. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 7(02), 161. https://doi.org/10.30868/am.v7i02.592
  7. Astuti, R., & Munastiwi, E. (2019). Pendidikan anak usia dini berbasis tauhid (Studi kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang). Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1011
  8. Benny, P., Sofyan, R., & Bahar, A. S. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan Islam. Journal of Islamic Education, 3(1), 1–15.
  9. Hidayati, W., Syarifah, Z., & Santosa, S. (2022). Supervisi pendidikan berbasis tauhid. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 65–76.
  10. Idris, M., Mokodenseho, S., Willya, E., & Otta, Y. (2020). Integrasi pendidikan berbasis lingkungan dengan nilai-nilai Islam: Upaya meningkatkan etika dan literasi lingkungan. https://doi.org/10.31219/osf.io/3v248
  11. Jannah, R. (2017). Upaya meningkatkan keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam. Madrosatuna Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211
  12. Khairunnisa, F., Zaman, B., & Mariyana, R. (2019). Penerapan pendidikan karakter berbasis manajemen qolbu di TK Daarut Tauhid Kota Bandung. Edukids Jurnal Pertumbuhan Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 74–84. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20602
  13. Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma pendidikan agama Islam di era globalisasi menuju pendidik profesional. Jurnal Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/9983
  14. Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.
  15. Maulana, P. S., & Afifi, S. (2021). Analisis peran dan fungsi public relations di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(2), 147–162. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss2.art7
  16. Maulidina, J., Aini, N., Riskiyanti, R., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan kurikulum pembelajaran AUD berbasis tauhid. Islamic Edukids, 2(1), 50–57. https://doi.org/10.20414/iek.v2i1.2275
  17. Munir, M. (2018). Desain kurikulum pendidikan Islam di SMA (Membumikan wacana kurikulum berbasis tauhid sosial). El-Hikmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.235
  18. Qomari, V. A., & Satria, R. (2023). Tauhid education in the book Al-Ushul Ats-Tsalatsah by Muhammad bin Abdul Wahhab. EDU MALSYS: Journal of Research in Education Management, 1(1), 83–102. https://doi.org/10.58578/edumalsys.v1i1.1446
  19. Qoriah, U. M., Bafadal, I., & Mustiningsih, M. (2018). Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188–197.
  20. Ramadhani, S., Marini, A., & Sumantri, S. (2021). Bagaimana pengelolaan pendidikan karakter berbasis Islam sekolah dasar?. Jurnal Basicedu, 5(3), 1617–1624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.916
  21. Ramdhan, T. W. (2019). Desain kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118–134.
  22. Shafwan, M. H., & Yaqin, N. (2023). Konsep pendidikan tauhid menurut Syeikh Abdurrahman bin Nȃsir al-Sa’di. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1), 143–156.
  23. Slamet, U. A., Rena, S., & Fadhilah, I. R. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis al-Qur’an dan as-Sunnah: Studi kasus kelas 6 SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur'an Hadist Syari'ah dan Tarbiyah, 6(1), 39–65.
  24. Umam, K. (2017). Implementasi kurikulum berbasis tauhid di SD Integral Yaa Bunayya Plosoarang Kecamatan Sanankulon Blitar. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 7(1).
  25. Wariati, & Sukiman. (2021). Pembelajaran tauhid dan entrepreneur untuk anak usia dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 193–208. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-03
  26. Zakariyah, Z., Arif, M., & Faidah, N. (2022). Analisis model kurikulum pendidikan agama Islam di abad 21. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.964