Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat dengan skema pengabdian masyarakat pemula melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi aplikasi classpointi bagi guru pada kurikulum merdeka belajar Sekolah Dasar. Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan guru-guru SD STKIP MBB dalam menggunaan aplikasi interaktif untuk menghadapi kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu diadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi aplikasi classpoint bagi guru pada kurikulum merdeka belajar Sekolah Dasar. Solusi yang dilakukan pada pengabdian ini dengan cara tahap observasi awal atau analisis situasi tentang pemahaman dan kemampuan guru terhadap aplikasi interaktif, tahap perencanaan pengabdian, tahap pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan aplikasi classpoint bagi guru pada kurikulum merdeka belajar di SD STKIP MBB, dan tahap evaluasi berupa kegiatan tanya jawab dan latihan terbimbing. Hasil pada pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi aplikasi classpoint bagi guru pada kurikulum merdeka belajar sekolah dasar, dapat dijabarkan secara rinci sesuai dengan tahapan yang telah dilaksanakan. Tahapan tersebut diantaranya, 1) kajian kebutuhan; 2) pemaparan materi; 3) pendampingan; dan 4) evaluasi.


Kata Kunci: Classpoint, Kurikulum Merdeka, SD


 

Kata Kunci

Classpoint Independent Curriculum Elementary School

Rincian Artikel

Referensi

  1. A S Karim, M Agarina, Sutedi, M. S Hasibuan, M. R. F. (2016). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CLASSPOINT BAGI GURU di PROPINSI LAMPUNG. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1–23.
  2. Arman Suryadi Karim, Melda Agarina, Sutedi, M. Said Hasibuan, M. R. F. (2016). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CLASSPOINT BAGI GURU di PROPINSI LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1–23.
  3. Arpah, S., & Tampubolon, T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Classpoint Menggunakan Powerpoint Materi Energi Pada Tema 9 Siswa Kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Seminar Nasional Pendidikan IPA III, 81–93.
  4. Arrosyad, M. I., & Hevitria, H. (2023). Pelatihan Penggunaan E-Learning Platform Wordwall Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Terap. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2471
  5. Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462–3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626
  6. Arrosyad, M. I., Ulfa, L. F., Mersy, M., Claudia, C., & Safitri, I. E. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah di SD Negeri 5 Mendo Barat. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i1.1149
  7. Arrosyad, M. I., Yuliana, F., Nurjannah, S., & Marina, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Digital Kahoot : Numbers By Dragon Box Pada Pembelajaran Matematika Dalam Melatih Anak Berfikir Kritis. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.212 Analisis
  8. Astari, T. (2023). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dan Guru Yayasan Perguruan Indonesia Membangun (YAPIM) Tentang Kurikulum Merdeka. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 267–275. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.550
  9. Khilmiyah, A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Social Emotional Learning (SEL) Untuk Membentuk Berpikir Kritis Anak. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2(1), 12–28.
  10. Kurniasi, E. R., Hevitria, Fauziani, M., & Safitri, I. (2023). Pengembangan Soal Literasi Numerasi Konteks Budaya Bangka Bagi Siswa SD. Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 21–29.
  11. Kurniawan, N. D., & Ika Yatri. (2022a). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502
  12. Kurniawan, N. D., & Ika Yatri. (2022b). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502
  13. M. Iqbal Arrosyad, N. (2021). IMPLEMENTASI PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 DI TEMPAT WISATA AIR TERJUN MANGKOL. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 781–788. https://doi.org/10.1016/j.sjbs.2016.02.019.4
  14. Nurhafidhah, Rahmiati, Liza Fitria, F. R. A. (2022). WEB BUILDER : SOLUSI ALTERNATIF SEBAGAI MEDIA Fenomena pembelajaran daring di Indonesia tidak dapat dihindari seiring kebijakan pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Pendidikan di Indonesia dikarenakan banyak pendidik dan peserta didik di (. 6(6), 1–12.
  15. Sundari, Hadiyani, D., & Muhlis, I. (2021a). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.
  16. Sundari, Hadiyani, D., & Muhlis, I. (2021b). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.
  17. Tirtoni, F., Ratna, I., Astutik, I., Susilo, J., & Fatmala, F. (2021). Sosialisasi Platform Kurikulum Merdeka Mengajar Kepada Para Guru di SDN 3 Watesnegoro. I(I), 160–165.
  18. Tohir, M., Saputra, A., Iqbal Arrosyad, M., Juniati Lathiifah, I., Nurjanah, Yurdayanti, Apriani, F., & Khilmi Ayu Firdausi, D. (2022). Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Melalui Seminar Parenting Di Desa Batu Beriga. AbdiMuh, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.35438/abdimuh.v3i1.193
  19. Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p76-87
  20. Yasyakur, Moch. (2016). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SHOLAT LIMA WAKTU. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1175–1183.