Isi Artikel Utama
Abstrak
Seiring dengan perkembangan teknologi yang masif, kebutuhan akan dukungan kerja secara otomatis menjadi tidak terhindarkan. Kecerdasan buatan (AI) hadir untuk menjawab kebutuhan ini tidak terkecuali di dunia pendidikan. Di sekolah, guru diperhadapkan pada masalah peningkatan kualitas pembelajaran yang adaptif dan inklusif. Tentunya peningkatan kualitas ini harus didukung dengan perangkat dan media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan siswa. Namun, pembuatan perangkat pembelajaran secara konvensional akan sangat menguras tenaga dan waktu belum lagi keterbatasan sumberdaya yang ada. Merujuk pada kondisi ini, kegiatan PKM ini dilakukan dengan tujuan memaksimalkan pembuatan perangkat pembelajaran melalui pemanfaatan AI. Hal ini tentunya sejalan dengan semangat dari visi kurikulum merdeka yaitu mewujudkan pendidikan yang relevan serta didukung oleh teknologi. Sasaran khalayak dalam kegiatan ini adalah guru geografi SMA Se-Kota Ternate yang tergabung dalam MGMP Geografi. Penyelenggaraan kegiatan ini berlokasi di SMAN 5 Kota Ternate. Penggunaan ragam produk layanan Google berbasis AI akan diperkenalkan pada kegiatan tersebut melalui metode tutorial/praktik secara langsung bersama guru. Adapun tahapan dalam kegiatan PKM ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, analisis data dan pelaporan. Fokus dalam kegiatan pengabdian ini adalah inovasi dan transfer teknologi kepada guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sebagaimana tuntutan pembelajaran abad 21.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Yuni Andriyani Safitri, Vrita Tri Aryuni, Lely Adriani Nasution, Rohana Sufia, Hernita Pasongli; Eko Hariyadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Al-Bataineh, B. A., & Al-Qudah, M. A. (2020). The use of artificial intelligence in education: Benefits and challenges. In 2020 IEEE International Conference on Engineering, Technology and Innovation (ICEIT&I) (pp. 1-4). IEEE.
- Andreas., Yari, Dwikurnaningsih. (2022). 5. The Necessity for Google Slide-Based Module Development Training for High School Teachers. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, doi: 10.23887/jpp.v55i3.45690
- Black, M., & Escudero, M. (2020). Artificial intelligence and digital technologies in education: A critical review. British Journal of Educational Technology, 51(3), 545-564.
- Cuong, D.X., Huong, N.T., Anh V.Q., Minh, P.Q., Nam, N.S., Vinh, L.A. 2023. The Use of Google Solutions in Teaching and Learning: A Case of Vietnam. Proceedings Of The 2022 International Conference on Educational Technology, Vietnam: 2022, Page. 11-33.
- Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-14.
- Hew, K. F., & Brush, T. (2023). Exploring The Potential of Artificial Intelligence (AI) To Support Teacher Professional Development In K-12 Education. TechTrends, 67(2), 226-239.
- Iriani, T., Santoso, Sri, Handoyo., Anisah, Anisah. (2023). Penguatan Pemahaman Dalam Penyusunan Rpp Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), doi: 10.31764/jmm. v7i6.17557
- Kehoe, F., (2023). 4. Leveraging Generative AI Tools for Enhanced Lesson Planning in Initial Teacher Education at Post Primary. Irish journal of technology enhanced learning, doi: 10.22554/ijtel. v7i2.124
- Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Makarenko, V., Aleksieieva O., Fysiuk, A., Filimonova, T., & Tsypliak, N. 2024. Google’s Digital Tools for Education: A Selection of Tools. Journal of Curriculum and Teaching, 13(3), 91-101. doi:10.5430/jct. v13n3p91
- Pambudi, A. Y., Syafi’i, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, S., Syahrial, M. F., Supriatna, U., & Zaki, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria; Vol 3 (2023): Agustus; 1-8; 2807-8705. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16185
- Rahayu, S., Hadi, K. A., Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Untuk Keefektifan Presentasi Yang Menarik Dan Komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA; Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023; 1268-1271 ; 2655-5263 ; 10.29303/Jpmpi.V6i4. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6601
- Rahman, R., Mar’atuttahirah, M., Tunnisa, K., Putra, A. T., Abdullah, A., Al-Amin, Muh., Suryabuana, A. S., Ramadhan, S. S., & Fathuresqi, F. (2023). Desain Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Class Point AI Di UPTD SD 62 Parepare. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol. 4 No. 6 (2023); 11492-11496; 2721-5008; 2721-4990; 10.31004/Cdj.V4i6. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21982
- Romero, C., & Ventura, M. (2022). A Review of The Use of Artificial Intelligence in Personalized Learning. Computers & Education, 185, 102434.
- Ruiz-Rojas, L.I., Salvador-Ullauri, L., Acosta-Vargas, P. (2024). Collaborative Working and Critical Thinking: Adoption of Generative Artificial Intelligence Tools in Higher Education. Sustainability, 16, 5367. https://doi.org/10.3390/su16135367
- Satria, S. and Marisa, M. (2022) “Pemanfaatan Pelayanan Google Form for Education Untuk Guru dan Siswa pada SMK Al Muhadjirin 2 Bekasi”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 16-20. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i01.481.
- Siemens, G., Baker, J., & Long, P. (2015). N-learning: A supportive community for constructionist learning in the networked age. International Journal of Learning, Technology and Multimedia, 10(3), 3-20.
- Suyitno, S., Wahyuningsih, Y., Handoko Putro, G. M., Fakhrudin, I., & Anisah, A. K. (2023). Diklat Nasional Online Optimalisasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN); Vol. 4 No. 4 (2023): 3149-3157; 2745-4053; 10.55338/Jpkmn.V4i4. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1737
- Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Yanto, I. T. R, Nour A. A., & Sumargiyani. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Soal Hots Menggunakan Aplikasi Canva. ReTII; Vol 18 No 2 (2023): Prosiding Seminar Nasional ReTII Ke-18 (Edisi Pengabdian); 1-7 ; 1907-5995. http://journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4584
- Yulianto, I. (2023). The Role of Artificial Intelligence in Education: A systematic review of research. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 1 - 21.
Referensi
Al-Bataineh, B. A., & Al-Qudah, M. A. (2020). The use of artificial intelligence in education: Benefits and challenges. In 2020 IEEE International Conference on Engineering, Technology and Innovation (ICEIT&I) (pp. 1-4). IEEE.
Andreas., Yari, Dwikurnaningsih. (2022). 5. The Necessity for Google Slide-Based Module Development Training for High School Teachers. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, doi: 10.23887/jpp.v55i3.45690
Black, M., & Escudero, M. (2020). Artificial intelligence and digital technologies in education: A critical review. British Journal of Educational Technology, 51(3), 545-564.
Cuong, D.X., Huong, N.T., Anh V.Q., Minh, P.Q., Nam, N.S., Vinh, L.A. 2023. The Use of Google Solutions in Teaching and Learning: A Case of Vietnam. Proceedings Of The 2022 International Conference on Educational Technology, Vietnam: 2022, Page. 11-33.
Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-14.
Hew, K. F., & Brush, T. (2023). Exploring The Potential of Artificial Intelligence (AI) To Support Teacher Professional Development In K-12 Education. TechTrends, 67(2), 226-239.
Iriani, T., Santoso, Sri, Handoyo., Anisah, Anisah. (2023). Penguatan Pemahaman Dalam Penyusunan Rpp Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), doi: 10.31764/jmm. v7i6.17557
Kehoe, F., (2023). 4. Leveraging Generative AI Tools for Enhanced Lesson Planning in Initial Teacher Education at Post Primary. Irish journal of technology enhanced learning, doi: 10.22554/ijtel. v7i2.124
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Makarenko, V., Aleksieieva O., Fysiuk, A., Filimonova, T., & Tsypliak, N. 2024. Google’s Digital Tools for Education: A Selection of Tools. Journal of Curriculum and Teaching, 13(3), 91-101. doi:10.5430/jct. v13n3p91
Pambudi, A. Y., Syafi’i, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, S., Syahrial, M. F., Supriatna, U., & Zaki, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria; Vol 3 (2023): Agustus; 1-8; 2807-8705. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16185
Rahayu, S., Hadi, K. A., Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Untuk Keefektifan Presentasi Yang Menarik Dan Komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA; Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023; 1268-1271 ; 2655-5263 ; 10.29303/Jpmpi.V6i4. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6601
Rahman, R., Mar’atuttahirah, M., Tunnisa, K., Putra, A. T., Abdullah, A., Al-Amin, Muh., Suryabuana, A. S., Ramadhan, S. S., & Fathuresqi, F. (2023). Desain Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Class Point AI Di UPTD SD 62 Parepare. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol. 4 No. 6 (2023); 11492-11496; 2721-5008; 2721-4990; 10.31004/Cdj.V4i6. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21982
Romero, C., & Ventura, M. (2022). A Review of The Use of Artificial Intelligence in Personalized Learning. Computers & Education, 185, 102434.
Ruiz-Rojas, L.I., Salvador-Ullauri, L., Acosta-Vargas, P. (2024). Collaborative Working and Critical Thinking: Adoption of Generative Artificial Intelligence Tools in Higher Education. Sustainability, 16, 5367. https://doi.org/10.3390/su16135367
Satria, S. and Marisa, M. (2022) “Pemanfaatan Pelayanan Google Form for Education Untuk Guru dan Siswa pada SMK Al Muhadjirin 2 Bekasi”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 16-20. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i01.481.
Siemens, G., Baker, J., & Long, P. (2015). N-learning: A supportive community for constructionist learning in the networked age. International Journal of Learning, Technology and Multimedia, 10(3), 3-20.
Suyitno, S., Wahyuningsih, Y., Handoko Putro, G. M., Fakhrudin, I., & Anisah, A. K. (2023). Diklat Nasional Online Optimalisasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN); Vol. 4 No. 4 (2023): 3149-3157; 2745-4053; 10.55338/Jpkmn.V4i4. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1737
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Yanto, I. T. R, Nour A. A., & Sumargiyani. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Soal Hots Menggunakan Aplikasi Canva. ReTII; Vol 18 No 2 (2023): Prosiding Seminar Nasional ReTII Ke-18 (Edisi Pengabdian); 1-7 ; 1907-5995. http://journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4584
Yulianto, I. (2023). The Role of Artificial Intelligence in Education: A systematic review of research. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 1 - 21.
