Isi Artikel Utama
Abstrak
Rendahnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran digital berupa bahan ajar video menghambat efisiensi pembelajaran di kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan agar para guru di MI Islamiyah dan SMPI Al-Hidayah kota Malang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital berupa video pembelajaran secara mandiri untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan daya tarik mereka. sedang belajar. Dalam melaksanakan pelatihan ini, metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode on the job training (OJT). Metode ini memungkinkan guru menerima pelatihan secara langsung di kelas dan bukan dalam lingkungan simulasi. Efektivitas pelatihan diperoleh melalui teknik survei dengan menggunakan instrumen penilaian peserta terhadap proses pelatihan yang telah dilaksanakan. Kesimpulan yang diperoleh setelah melakukan survei adalah rata-rata skor yang diperoleh dari bobot kelima item adalah 85%. Persentase sebesar 85% menunjukkan bahwa sebagian besar guru merasa kegiatan pelatihan sangat bermanfaat sehingga mereka cukup antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini.
Rendahnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran digital berupa bahan ajar video menghambat efisiensi pembelajaran di kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan agar para guru di MI Islamiyah dan SMPI Al-Hidayah kota Malang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital berupa video pembelajaran secara mandiri untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan daya tarik mereka. sedang belajar. Dalam melaksanakan pelatihan ini, metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode on the job training (OJT). Metode ini memungkinkan guru menerima pelatihan secara langsung di kelas dan bukan dalam lingkungan simulasi. Efektivitas pelatihan diperoleh melalui teknik survei dengan menggunakan instrumen penilaian peserta terhadap proses pelatihan yang telah dilaksanakan. Kesimpulan yang diperoleh setelah melakukan survei adalah rata-rata skor yang diperoleh dari bobot kelima item adalah 85%. Persentase sebesar 85% menunjukkan bahwa sebagian besar guru merasa kegiatan pelatihan sangat bermanfaat sehingga mereka cukup antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Arief Ardiansyah, Mukhammad Naafiu Akbar, Bahroin Budiya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Haerudin, D., & Sejati, A. P. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Abad 21 dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Depok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 179–184. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.3348
- Layyina, C., & Radino. (2022). The Role of Fiqh Teachers to Improve Students’ Learning Motivation and Discipline of Worship through Online Learning During the Covid-19 Pandemic Charisma. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 1–12. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2022.191-01 The
- Muhammad Fadhil, Dr. Neti Karnati, M. P., & Dr. Matin, M. P. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka Di PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional RI. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(2), 99–114. https://doi.org/10.21009/parameter.322.02
- Nurazmi, N., Ardiana, A., & Ariana, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Iteraktif Berbasis Prezi Bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2365. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14277
- Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Perapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
- Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 407–412.
- Permatasari, I. W., & Harmon, H. (2018). Pengaruh On The Job Training Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(2), 19. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i2.1183
- Purnomo, E. A., Handayani, S., Kadarwati, S., Pohan, S., & Sumarno, S. (2018). IbM Pemanfaatan Software Camtasia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Guru TK PGRI 10 Siliwangi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 141. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2066
- Sastramiharja, U. S., Nathanael, L., Permata Sari, R. W., & Kusriani, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Edutech, 20(1), 72–86. https://doi.org/10.17509/e.v20i1.30997
- Sintia S Noho, Ibnu Rawandhy N Hula, Muhammad Nur Iman, & Abdul Yaumil Achir Akub. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Kine Master Sebagi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Kilmah, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i2.1377
- Sumarni, R. A., Widiyatun, F., Kumala, S. A., Suciani, L., & Rismaningsih, F. (2023). Penggunaan Aplikasi Screen Recording Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(2), 251–256.
Referensi
Haerudin, D., & Sejati, A. P. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Abad 21 dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Depok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 179–184. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.3348
Layyina, C., & Radino. (2022). The Role of Fiqh Teachers to Improve Students’ Learning Motivation and Discipline of Worship through Online Learning During the Covid-19 Pandemic Charisma. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 1–12. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2022.191-01 The
Muhammad Fadhil, Dr. Neti Karnati, M. P., & Dr. Matin, M. P. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka Di PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional RI. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(2), 99–114. https://doi.org/10.21009/parameter.322.02
Nurazmi, N., Ardiana, A., & Ariana, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Iteraktif Berbasis Prezi Bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2365. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14277
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Perapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 407–412.
Permatasari, I. W., & Harmon, H. (2018). Pengaruh On The Job Training Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(2), 19. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i2.1183
Purnomo, E. A., Handayani, S., Kadarwati, S., Pohan, S., & Sumarno, S. (2018). IbM Pemanfaatan Software Camtasia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Guru TK PGRI 10 Siliwangi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 141. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2066
Sastramiharja, U. S., Nathanael, L., Permata Sari, R. W., & Kusriani, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Edutech, 20(1), 72–86. https://doi.org/10.17509/e.v20i1.30997
Sintia S Noho, Ibnu Rawandhy N Hula, Muhammad Nur Iman, & Abdul Yaumil Achir Akub. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Kine Master Sebagi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Kilmah, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i2.1377
Sumarni, R. A., Widiyatun, F., Kumala, S. A., Suciani, L., & Rismaningsih, F. (2023). Penggunaan Aplikasi Screen Recording Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(2), 251–256.
