Isi Artikel Utama

Abstrak

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wisata Hasanah merupakan salah satu sekolah dasar di Kota Pontianak yang menerapkan kurikulum merdeka. Pada kurikulum ini terdapat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dimana siswa belajar secara aktif menangani isu relevan di lingkungan sekitar. Pada kegiatan P5 sebelumnya dilakukan pelatihan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya yaitu organik dan anorganik. Pada kegiatan PKM ini dilakukan kuliah lapangan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Batu Layang Kota Pontianak. Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, membentuk sikap tanggung jawab, mandiri dan dapat berpikir kritis. Edukasi pengelolaan sampah perlu dilakukan sejak usia dini sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045, dimana siswa yang sedang mengenyam pendidikan Sekolah Dasar ke depan akan menjadi generasi penerus yang melanjutkan pembangunan bangsa. Kegiatan yang dilakukan di TPA yaitu penyampaian materi, diskusi, observasi, dan umpan balik siswa berupa resume dan tanggapan berisi pengalaman, saran, masukan, dan harapan. Di lokasi TPA siswa melihat secara langsung sarana dan prasarana serta teknis operasional pengolahan sampah. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan siswa terkait pengelolaan sampah, memahami dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan dan membakar sampah, serta adanya komitmen siswa untuk menjaga lingkungan. Kegiatan PKM ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dan transfer ilmu antara pendidikan tinggi (Perguruan Tinggi), pendidikan kelas rendah (Sekolah Dasar), dan pemerintah (Dinas Lingkungan Hidup). Dengan adanya PKM ini diharapkan siswa memiliki kesadaran serta kepedulian lingkungan tidak hanya di sekolah tetapi juga di lingkungan sekitar.

Kata Kunci

edukasi pengelolaan sampah TPA

Rincian Artikel

Referensi

  1. Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912.
  2. Badan Standardisasi Nasional. (2002). SNI 19-2454-2002 tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan (SNI 19-2454-2002). Art. SNI 19-2454-2002.
  3. Badan Standardisasi Nasional. (2008). SNI 3242 : 2008 tentang Pengelolaan Sampah di Permukiman (SNI 3242 : 2008). Art. SNI 3242 : 2008.
  4. Brow, I. (2020). DLH Bontang Pastikan Tak Ada Virus Corona Nempel di Sampah. Https://Bekesah.Co/Dlh-Bontang-Pastikan-Tak-Ada-Virus-Corona-Nempel-Di-Sampah/.
  5. Grafis, D. (n.d.). Buang sampah dikali. Https://Id.Pinterest.Com/Pin/449515606539483918/.
  6. Hansen, H., & Yuliawati, R. (2019). Pendidikan Kesehatan Pengelolaan Sampah Sejak Usia Dini di SDN 015 Samarinda Ulu. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 234. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3316
  7. Kabupaten Kepulauan Seribu - @kabupatenkepulauanseribu. (2023, May 23). Kenapa ya, Kita Nggak Boleh Bakar Sampah? Https://Www.Instagram.Com/p/Cr2PBGRBDcG/?Img_index=1.
  8. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2017). Visi Indonesia 2045. In Materi Orasi Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Indonesia.
  9. Rahayu, S., Wahyuni Salman, S., Rindayani, S., Aulia Pandung Radha, T., Muhammad Nur, Y., & Meizara Puspita Dewi, E. (2023). Efektivitas Kegiatan Field Trip sebagai Metode Pembelajaran di Runiah School Makassar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 41–51.
  10. Roudlo, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemdirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 292–297.
  11. Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A. (2021, September 26). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021 Seminar & Call Paper Universitas Esa Unggul Jakarta.
  12. Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532
  13. Widiyaningrum, P., Lisdiana, & Purwantoyo, E. (2015). Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. Indonesian Journal of Conservation, 04(01), 74–82.
  14. Widiyanto, B., Artikel, I., & Oktober, D. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah Sejarah Artikel. In Cakrawala Jurnal Pendidikan (Vol. 11, Issue 2). http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala