Isi Artikel Utama
Abstrak
Desa Dudakawu, yang terletak di Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, memiliki potensi ekonomi lokal yang signifikan, tetapi pengelolaannya masih terkendala oleh kurangnya keterampilan kewirausahaan, strategi pemasaran yang belum optimal, dan keterbatasan akses teknologi digital. Untuk menjawab tantangan ini, Tim PPK Ormawa BEM FST Unisnu Jepara mengimplementasikan program “Desa Wirausaha” sebagai bagian dari pengabdian masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan masyarakat, memperkuat daya saing produk lokal, dan memperluas akses pasar melalui digitalisasi. Pendekatan yang digunakan dalam program meliputi seminar kewirausahaan, pembentukan kelompok UMKM, pelatihan branding produk, pengenalan strategi pemasaran digital, serta pengembangan inovasi produk baru. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan akademisi, mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat. Evaluasi program dilakukan secara berkala melalui kuesioner pra dan pasca kegiatan, wawancara, dan observasi langsung untuk menilai dampaknya terhadap peningkatan keterampilan dan aktivitas usaha masyarakat. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang kewirausahaan dan pemasaran digital. Komunitas UMKM yang terbentuk menjadi sarana kolaborasi antar pelaku usaha, sementara produk lokal seperti keripik gedebog pisang dan kopi khas desa mendapatkan nilai tambah dan mampu bersaing di pasar regional berkat branding dan pemasaran digital. Program ini memberikan kontribusi nyata pada pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas yang berkelanjutan dan memiliki potensi untuk direplikasi di desa lain.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad Diva Febriansyah, Muhammad Bayu Nugroho Bayu, Sarwido Sarwido, Diva Herninda Septiarani, Doni Agung Prasetyo, Muhammad Ilma Akhis Akhis, Muhammad Jauharul Maknun, Ahmad Afan Almajid, Tiara Zahira, Muhamad Faizal Raffi, Fadhil Athalah Putra, Binar Ageng Raganta Pangestu, Muhammad Izzul Haq, Nindiya Ika Nugraha Hartoyo, Hera Khilya Agustina, Safira Putri Zidni Ilma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Agustina, T., Nurdin, M., Suryani, S., Jatmika, D., Anisa, N., Humaira Puteri, A., Nur Amelia, S., Zaini, M., & Aris Ardianto, Y. (2021). PENGUATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI KESADARAN POTENSI DIRI ANGGOTA BUMDES BERKAH BERSAMA DESA KARANG BUNGA KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 1(3). https://doi.org/10.53067/icjcs
- Asharudin, F., & Dewi, S. P. (2021). Optimalisasi Media Digital sebagai Strategi Pemasaran UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 549–554. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
- Bhakti, Y. B., Astuti, I., & Syahid, S. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Hasil Pertanian di Desa Citorek Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 453–460. https://doi.org/10.24127/sss.v6i2.2231
- Djauhari, M., Abi, R., Putri, A., Adi, M., & Ayu, R. (2021). Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya. Prapanca:Jurnal Abdimas, 1(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.134
- I, V. P., Jamilulchal, M., S, C. D., I S, N. P., A, N. H., Ajeng, D. O., F, B. N., M, V. A., & Ana, D. A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SUMBEREJO BATU MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MENUJU DESA MANDIRI. JASTEN Jurnal Aplikasi Sains Teknologi Nasional, 04(02), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.36040/jasten.v4i2.8313
- Jepara, B. K. (2022). KABUPATEN DALAM ANGKA JEPARA. https://jeparakab.bps.go.id
- Nopi, N., Sulaiman, A., & Sujadmi, S. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23–29. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.45
- Saputera, M. M. A., Rahmiati, R., & Adhipurna, N. (2024). Pemberdayaan UMKM dalam Digitalisasi Marketing dan Branding Melalui Pendaftaran Merek Dagang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Panacea, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.20527/jpmp.v2i2.12813
Referensi
Agustina, T., Nurdin, M., Suryani, S., Jatmika, D., Anisa, N., Humaira Puteri, A., Nur Amelia, S., Zaini, M., & Aris Ardianto, Y. (2021). PENGUATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI KESADARAN POTENSI DIRI ANGGOTA BUMDES BERKAH BERSAMA DESA KARANG BUNGA KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 1(3). https://doi.org/10.53067/icjcs
Asharudin, F., & Dewi, S. P. (2021). Optimalisasi Media Digital sebagai Strategi Pemasaran UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 549–554. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Bhakti, Y. B., Astuti, I., & Syahid, S. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Hasil Pertanian di Desa Citorek Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 453–460. https://doi.org/10.24127/sss.v6i2.2231
Djauhari, M., Abi, R., Putri, A., Adi, M., & Ayu, R. (2021). Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya. Prapanca:Jurnal Abdimas, 1(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.134
I, V. P., Jamilulchal, M., S, C. D., I S, N. P., A, N. H., Ajeng, D. O., F, B. N., M, V. A., & Ana, D. A. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SUMBEREJO BATU MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MENUJU DESA MANDIRI. JASTEN Jurnal Aplikasi Sains Teknologi Nasional, 04(02), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.36040/jasten.v4i2.8313
Jepara, B. K. (2022). KABUPATEN DALAM ANGKA JEPARA. https://jeparakab.bps.go.id
Nopi, N., Sulaiman, A., & Sujadmi, S. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23–29. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.45
Saputera, M. M. A., Rahmiati, R., & Adhipurna, N. (2024). Pemberdayaan UMKM dalam Digitalisasi Marketing dan Branding Melalui Pendaftaran Merek Dagang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Panacea, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.20527/jpmp.v2i2.12813
