Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan merupakan bentuk usaha yang berkaitan dengan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan suatu bangsa. Nilai-nilai tersebut ditularkan melalui peran transmisi pendidikan, baik dari segi kognitif maupun dari segi sikap dan keterampilan. Salah satu cara untuk memperoleh nilai-nilai kependidikan adalah dengan melakukan kegiatan belajar di luar ruangan (outing class). Outing class adalah pembelajaran di lingkungan luar kelas yang menjadi salah satu program prasekolah dalam upaya membentuk karakter anak, khususnya karakter bangsa dimana program outing class merupakan pembelajaran pendidikan karakter yang mengandung moral secara langsung dan nyata yang mengajak anak secara langsung belajar tentang objek pembelajaran tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan tingkat pengetahuan dan minat anak  terhadap pembelajaran diluar sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berbasis observasi, wawancara dan dokumentasi langsung dilapangan. Subyek kegiatan ini berjumlah 65 anak TK dan 9 orang guru pendamping. Kegiatan Outing class ini memberikan kesan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan bagi anak-anak TK Prime Kids di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Baiturrahmah.

Kata Kunci

Education Implementation Outing Class Prime Kids TK

Rincian Artikel

Referensi

  1. Asmaul, A., H., Kasim, J., Fitria, N., Nurmayanti, Jannah, A., & Dini, A. (2023). Penerapan Permainan Play Outdoor Untuk Kemampuan Jati Diri. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 73–82. https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/download/85/60
  2. Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
  3. Evi Octrianty. (2018). Bimbingan Melalui Pembelajaran Outing Class Untuk Melatih Gerak Motorik Dan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Educhild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 2(2), 9–18. Http://Ojs.Uninus.Ac.Id/Index.Php/Educhild/Article/View/1369
  4. Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., Fitra, M., Nurcahayani, I., & Rosyadi, M. (n.d.). Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Retrieved March 5, 2025, from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/
  5. /38571
  6. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. (2024). Jurnalilmiahcitrabakti.ac.id. https://jurnalilmiah
  7. citrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/index
  8. Kemdikbud. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  9. Munawir, Andi Sofyan. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Anak Kelompok A Tk Joyful Kids Palu. 1(2), 38–44. Https://Doi.Org/10.31934/Eceij.V1i2.514
  10. Prabandari, I., Fidesrinur. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Audhi, 1(2). Https://Media.Neliti.Com/Media/
  11. Publications/333321-Meningkatkan-Kemampuan-Bekerjasama-Anak-7420653b.Pdf
  12. Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314
  13. Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah (Outdoor Education) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 48. Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V2i1.6400