Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan merupakan bentuk usaha yang berkaitan dengan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan suatu bangsa. Nilai-nilai tersebut ditularkan melalui peran transmisi pendidikan, baik dari segi kognitif maupun dari segi sikap dan keterampilan. Salah satu cara untuk memperoleh nilai-nilai kependidikan adalah dengan melakukan kegiatan belajar di luar ruangan (outing class). Outing class adalah pembelajaran di lingkungan luar kelas yang menjadi salah satu program prasekolah dalam upaya membentuk karakter anak, khususnya karakter bangsa dimana program outing class merupakan pembelajaran pendidikan karakter yang mengandung moral secara langsung dan nyata yang mengajak anak secara langsung belajar tentang objek pembelajaran tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan tingkat pengetahuan dan minat anak terhadap pembelajaran diluar sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berbasis observasi, wawancara dan dokumentasi langsung dilapangan. Subyek kegiatan ini berjumlah 65 anak TK dan 9 orang guru pendamping. Kegiatan Outing class ini memberikan kesan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan bagi anak-anak TK Prime Kids di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Baiturrahmah.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Fitria Rahmaningseh, Frisca Maharani, Leny Sang Surya, Hanim Khalida Zia, Oniel Syukma Pertiwi, Alfiyah Pujiyati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Asmaul, A., H., Kasim, J., Fitria, N., Nurmayanti, Jannah, A., & Dini, A. (2023). Penerapan Permainan Play Outdoor Untuk Kemampuan Jati Diri. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 73–82. https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/download/85/60
- Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
- Evi Octrianty. (2018). Bimbingan Melalui Pembelajaran Outing Class Untuk Melatih Gerak Motorik Dan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Educhild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 2(2), 9–18. Http://Ojs.Uninus.Ac.Id/Index.Php/Educhild/Article/View/1369
- Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., Fitra, M., Nurcahayani, I., & Rosyadi, M. (n.d.). Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Retrieved March 5, 2025, from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/
- /38571
- Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. (2024). Jurnalilmiahcitrabakti.ac.id. https://jurnalilmiah
- citrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/index
- Kemdikbud. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Munawir, Andi Sofyan. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Anak Kelompok A Tk Joyful Kids Palu. 1(2), 38–44. Https://Doi.Org/10.31934/Eceij.V1i2.514
- Prabandari, I., Fidesrinur. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Audhi, 1(2). Https://Media.Neliti.Com/Media/
- Publications/333321-Meningkatkan-Kemampuan-Bekerjasama-Anak-7420653b.Pdf
- Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314
- Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah (Outdoor Education) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 48. Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V2i1.6400
Referensi
Asmaul, A., H., Kasim, J., Fitria, N., Nurmayanti, Jannah, A., & Dini, A. (2023). Penerapan Permainan Play Outdoor Untuk Kemampuan Jati Diri. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 73–82. https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/download/85/60
Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Evi Octrianty. (2018). Bimbingan Melalui Pembelajaran Outing Class Untuk Melatih Gerak Motorik Dan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Educhild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 2(2), 9–18. Http://Ojs.Uninus.Ac.Id/Index.Php/Educhild/Article/View/1369
Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., Fitra, M., Nurcahayani, I., & Rosyadi, M. (n.d.). Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Retrieved March 5, 2025, from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/
/38571
Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. (2024). Jurnalilmiahcitrabakti.ac.id. https://jurnalilmiah
citrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/index
Kemdikbud. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munawir, Andi Sofyan. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Anak Kelompok A Tk Joyful Kids Palu. 1(2), 38–44. Https://Doi.Org/10.31934/Eceij.V1i2.514
Prabandari, I., Fidesrinur. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Audhi, 1(2). Https://Media.Neliti.Com/Media/
Publications/333321-Meningkatkan-Kemampuan-Bekerjasama-Anak-7420653b.Pdf
Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314
Wijayanti, K. E. (2017). Implementasi Pendidikan Luar Sekolah (Outdoor Education) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 48. Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V2i1.6400
