Isi Artikel Utama

Abstrak

Mitra dari program kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Pesantren Darul Qur’an Lantaburo Tangerang, yang lokasinya terletak 13,2 km dari Kampus Universitas Esa Unggul Jakarta. Permasalahan yang dialami mitra adalah: 1. Kurangnya Kesiapan Mental: Banyak santri yang belum siap secara mental untuk menghadapi dinamika dunia kerja yang berbeda dengan lingkungan pesantren. Mereka mungkin merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya kerja yang baru dan menghadapi tekanan yang lebih tinggi. 2. Defisit Keterampilan Soft Skills: Meskipun memiliki pengetahuan agama yang mendalam, santri seringkali kurang terlatih dalam hal komunikasi, kerja sama tim, dan problem-solving yang merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. 3. Kurangnya Motivasi Kepemimpinan: Tidak semua santri memiliki motivasi yang tinggi untuk menjadi pemimpin. Padahal, kepemimpinan adalah salah satu kunci sukses dalam karier. 4. Kurangnya Kesadaran Akan Pentingnya Attitude: Attitude yang positif sangat penting untuk membangun karier yang sukses. Namun, tidak semua santri menyadari pentingnya attitude yang baik dalam dunia kerja. Program PKM diimplementasikan pada tahun 2024, Pengembangan potensi kepemimpinan,motivasi dan atitute  dalam upaya peningkatan skill para santri Gg. Ampel I, RT.006/RW.005, Ketapang, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148. Tujuan PKM ini yaitu meningkatkan kualitas kepemimpinan, motivasi dan attitute para santri menuju tingkat akhir dalam menempuh pendidikan di Pesantren Darul Qur’an Lantaburo Tangerang. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat melalui pembekalan kepada para santri telah menambah pengetahuan dan kesiapan para santri sebelum memasui dunia pekerjaan.

Kata Kunci

Motivasi Leadership Attitude Service Students

Rincian Artikel

Referensi

  1. Gunawan, A., Pratama, D. P., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Kepemimpinan Kharismatik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 19–35. https://doi.org/10.46963/alliqo.v9i1.840
  2. Hannani, I., & Rahayuningtyas, W. (2021). Peningkatan Kesiapan Santri dalam Dunia Kerja Melalui Pelatihan Desain Curriculum Vitae Menggunakan Software AdobeIlustrator. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 277–284. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde
  3. Khusumawati, & Nurfalah, Y. (2019). Gaya Kepemimpinan Di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Mawaddah 2 Desa Jiwut Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(2), 229–238. https://doi.org/10.33367/ji.v9i2.1022
  4. Mnr, I., & Makmur, S. (2024). Kepemimpinan Pendidikan yang Efektif di SMP Swasta IT Dhinukum Zholtan. 2(2), 164–168.
  5. Mustaghfiroh, S., Nazar, T. H., & Safe’i, B. (2021). Etika Keutamaan Dalam Akhlak Tasawuf Abdul Qodir Al-Jailani: Relevansinya Dengan Pengembangan Karakter Manusia. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 5(1), 23. https://doi.org/10.33852/jurnalnu.v5i1.241
  6. Setiawati, L. (2023). Pengaruh Keteladanan Ustad Terhadap Sikap Tawadhu Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Desa Sanggi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. 4. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29951
  7. SN, N. R. S., & Suwadi. (2024). Pendekatan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Moral. 176–191.
  8. Suparno, S., Warsah, I., & Amin, A. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA PONDOK PESANTREN DI KECAMATAN MANDIANGIN. Jurnal Literasiologi, 8(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.354
  9. Yazid, A. A., & Rosyidi, H. L. (2023). Kontekstual Softskill Santri Melalui Ekonomi Kreatif Pesantren. Economic, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.59943/economic.v14i2.110
  10. Zuhriy, M. S. (2011b). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159