Main Article Content

Abstract

Purpose – This study aims to analyse the effects of price, information quality, discounts, and promotions on purchasing decisions in the Shopee marketplace.
Methods – The method used in this study is multiple linear regression with four independent variables: price, information quality, discounts, and promotions, which were collected through the distribution of questionnaires at six universities in Yogyakarta.
Findings – The result showed that variables of price and promotions have a positive and significant effect on purchasing decisions in the Shopee marketplace. Meanwhile the variables of information quality and discounts have no partial influence on buying decisions on shopee marketplace.
Implication – Sellers are expected to optimise factors that influence purchasing decisions to increase sales.
Originality – This research is contributing to analysing purchase decisions by students in the Special Region of Yogyakarta Province on the Shopee marketplace.



Abstrak
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas informasi, diskon, dan promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee.
Metode – Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dengan empat variabel independen: harga, kualitas informasi, diskon, dan promosi. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner di enam perguruan tinggi di Yogyakarta.
Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Sementara itu, variabel kualitas informasi dan diskon tidak memiliki pengaruh parsial yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Implikasi – Penjual diharapkan dapat mengoptimalkan faktor-faktor yang secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian guna meningkatkan penjualan.
Orisinalitas – Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menganalisis perilaku keputusan pembelian oleh mahasiswa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada marketplace Shopee.

Keywords

Price Information Quality Discounts Promotions Purchasing Decisions

Article Details

How to Cite
Kulsum, S. A., & Sidiq, S. (2025). Pengaruh harga, kualitas informasi, diskon, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Keuangan, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.20885/JKEK.vol4.iss1.art2

References

  1. Barus, N. B., Pangaribuan, M., & Purnami, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Pada Mahasiwa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Enginering Polmed (KONSEP), 2, 616–626.
  2. Budiyanto, M. A., Prasetyo, F. I., & Pamungkas, T. B. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Citra Merk, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Produk Online di Marketplace Shopee (Konsumen Shopee Sekaresidenan Pekalongan). JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3).
  3. Damayanti, A. A., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Diskon, Gratis Ongkos Kirim, Cash on Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 660–669.
  4. Fatmawati, E. U., Hardati, R. K., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Diskon Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Pada Pengguna Shopee di Kalangan Mahasiswa Kampus Swasta UNISMA dan UMM). JIAGABI, 11(1), 197–205.
  5. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
  6. Kristanti, Y. K., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Harga, Promosi Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 153–162.
  7. Marsalin, & Hendratmoko. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Brand Image Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Sukoharjo). Jurnal Bintang Manajemen, 1(3), 192–214.
  8. Mayangsari, & Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi dan Layanan COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 498–505.
  9. Mufti, B. I., & Lestari, W. D. (2023). Analisi Pengaruh Harga, Diskon, dan Kualitas Produk terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Zalora Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  10. Rasyad, F. A., Usdeldi, & Budianto, A. (2023). Pengaruh Rating, Diskon Dan Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Study Pada Mahasiswa Febi Uin STS Jambi). Jurnal Sains Student Research, 1(1), 448–461.
  11. Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
  12. Sulistiyawati, N., Taufik, M., & Jariah, A. (2021). Peran Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Dalam Peningkatan Keputusan Pembelian pada Shopee. Jobman: Journal of Organization and Business Management, 10–16.
  13. Suparwo, A., & Rahmadewi, P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Online di Lazada. PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, Dan Sumber Daya Manusia, 446–456.
  14. Tulanggow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35–43.
  15. Umami, E., Puteh, A., & Saifullah, T. (2023). Gratis Ongkir Pada Penggunaan Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh). Joses: Journal of Sharia Economics Scholar, 1(2), 12.
  16. Yolandita, C., Nursanta, E., Widiyarsih, & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Sosial Dan Teknologi, 2