Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh guru terhadap anak didik dari perspektif Siyasah Dusturiyah, yang merupakan bagian dari hukum Islam yang mengatur tata negara dan pemerintahan. Dalam Islam, perlindungan terhadap hak-hak individu, termasuk anak didik, merupakan kewajiban yang harus dijunjung tinggi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan kualitatif, melalui studi kepustakaan yang melibatkan analisis terhadap peraturan-peraturan hukum, kasus-kasus pelanggaran HAM, dan landasan hukum Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun regulasi nasional seperti Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen telah menetapkan kerangka hukum yang jelas, implementasinya masih sering lemah dan tidak konsisten. Pendekatan Siyasah Dusturiyah menawarkan perspektif yang dapat melengkapi hukum positif dalam melindungi hak asasi manusia dalam dunia pendidikan, dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama dan moral ke dalam sistem hukum. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan upaya penegakan hukum serta pendidikan dan pelatihan bagi guru mengenai etika profesi dan HAM, guna menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman dan adil.

Keywords

Hak Asasi Manusia Hukum Siyasah Dusturiyah

Article Details

How to Cite
Addysa, Z. V., Rizal, L. F. ., & Alamsyah, T. (2024). ANALISIS PELANGGARAN HAM OLEH GURU DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH. Al-Mawarid Jurnal Syariah Dan Hukum (JSYH), 6(2). https://doi.org/10.20885/mawarid.vol6.iss2.art4

References

  1. Abdushshamad, S. (2018). Perkembangan Hukum Islam Di Bidang Hak Asasi Manusia. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 61. https://doi.org/10.31602/iqt.v4i1.1597
  2. Andiraharja, D. G. (2020). Politik Hukum pada Penanganan Tindak Pidana Pemilu. Khazanah Hukum, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.15575/kh.v2i1.7681
  3. Anwar, S., Nuris, N. D., & Wijaya, Y. A. (2019). Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode X-Means Clustering. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 4(2–2), 187–190. https://doi.org/10.30591/jpit.v4i2-2.1869
  4. Dewi, R. (2021). Konsep Zuhud Pada Ajaran Tasawuf Dalam Kehidupan Santri Pada Pondok Pesantren. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 12(2), 122–142. https://doi.org/10.32923/maw.v12i2.1874
  5. Hernanto, J. H. (2021). Dalam Dakwah Dr . Zakir Naik ( Studi Pada Media Kanal Youtube “ Lampu Islam ” ) 1442 H / 2021 M. Skripsi, 1–144. file:///E:/SKRIPSI IMA/PDF/nilai nili pendidikan dalam islam/JEIHAN HAFIYA HERNANTO-FDK.pdf
  6. Juanda, E. (2020). Eksistensi Hak Asasi Manusia dan Alternatif Penyelesaian Atas Pelanggarannya Dalam Negara Hukum Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 8(1), 98. https://doi.org/10.25157/justisi.v8i1.3290
  7. Kartika, D., Sewu, P. L. S., & W., R. (2017). Pelayanan Kesehatan Tradisional Dan Perlindungan Hukum Bagi Pasien. Soepra, 2(1), 1. https://doi.org/10.24167/shk.v2i1.805
  8. Muniroh, A. (2014). Memahami Teori-Teori Perilaku Belajar Dalam Organisasi. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1, 1–7. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/142
  9. Nasution, M. L. I. (2018). Islamic Bank Financing Management. In FEBI UIN-SU Press. https://www.cairn.info/revue-informations-sociales-2005-3-page-48.htm%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/5050/1/Manajemen Pembiayaan Bank Syariah.pdf
  10. Pasca, P., & Mahkamah, P. (2018). Fiqih siyasah dusturiyah.
  11. Ramadani, S., Fitri, H., & Bustamin, B. (2022). Urgensi Constitutional Complaint Sebagai Kewenangan Mahkamah Konstitusi Prespektif Siyasah Dusturiyyah. JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah, 3(2), 195. https://doi.org/10.31958/jisrah.v3i2.6822
  12. Roza, D. (2022). Prospek Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Ri Tahun 1945 Terkait Masa Jabatan Presiden Perspektif Pada Pemilu 2024. UNES Law Review, 4(2), 207–217. https://doi.org/10.31933/unesrev.v4i2.229
  13. Satriyono, D., & Ula, D. M. (2023). Dampak Judi Online Dikalangan Masyarakat Kabupaten Katingan Daerah Tumbang Samba. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(6), 97–102. https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/1135
  14. Soni Irawan, A. (2022). MaqāShid al-Sharīah Jasser Auda Sebagai Kajian Alternatif Terhadap Permasalahan Kontemporean. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, 3(1), 39–55. https://doi.org/10.51675/jaksya.v3i1.192
  15. Sulistiani, H., Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., & Bagus Fahrizqi, E. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dan Video Editing di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 160–166. https://lampung.rilis.id/tim-pkm-uti-universitas-terbaik-di-lampung-sampaikan-4-materi-untuk-guru-smkn-
  16. Suryani, I., Ma’tsum, H., Santi, N., & Manik, M. (2021). Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7
  17. TINA, A. (2023). Revolusi Etika Politik Teori Filsafat Kontemporer Terhadap Konsep Etika Ibn Sina. Jurnal Siginjai, 3(1), 50–65. https://doi.org/10.22437/js.v3i1.24880