Main Article Content

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada hubungan antara pengetahuan poligami dalam Islam dengan sikap terhadap poligami pada wanita muslim. Hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara pengetahuan poligami dalam Islam dengan sikap terhadap poligami pada wanita muslim.
Subjek dalam penelitian ini adalah wanita yang berstatus menikah dan belum menikah dengan rentang usia 18-40 tahun sejumlah 102 orang. Untuk mendapatkan data, peneliti mengembangkan alat ukur pengetahuan tentang poligama dalam Islam dan skala sikap terhadap poligami yang kemudian digunakan setelah melalui uji coba. Pada pengambilan data, peneliti mendatangi kos putri, dan majlis pengajian di wilayah utara Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan dengan rxy =0,241 p=0,007 atau p < 0.01, sehingga hipotesis diterima.
Dilakukan analisis terhadap hipotesis, dilakukan pula analisis tambahan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan tentang poligami dalam Islam yang dimiliki subjek dan apakah ada perbedaan sikap terhadap poligami jika dilihat dari status menikah dan belum menikah. Dari analisis data didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan poligami dalam Islam yang dimiliki subjek dan tidak ada perbedaan sikap terhadap poligami pada wanita muslim yang sudah menikah dan belum menikah. Selanjutnya analisis tambahan juga dilakukan untuk mencari apakah ada perbedaan sikap terhadap poligami jika dilihat berdasar item-item yang bersifat personal, maupun item yang lebih merujuk pada orang lain. Implikasi dan aplikasi penelitian ini didiskusikan.


Kata kunci : Pengetahuan poligami dalam Islam, sikap terhadap poligami, wanita muslim

Article Details