Main Article Content

Abstract

Tujuan penefitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh po/a bela1ar

yang digunakan siswa kelas 6 sekolah dasar terhadap perolehan Nilai

Ebtanas Murni (NEM) pada Eva/uasi Be/ajar Tahap Akhir Nasional

(EBTANAS) mereka.

Cara penelitian adalah dengan mengambil sebanyak enam kelas (239

siswa kefas satu) pada tiga SMP Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Subyek diminta mengisi angket pola  be/ajar sewaktu mereka duduk di kelas  5 sekofah dasar.

Hasil penefitiannya adalah sebagai berikut: Tidak ada  keterkaitan

antara po/a be/ajar yang digunakan oleh siswa kelas 6 sekolah dasar

dengan NEM yang diperoleh.  FaJd'or inteligensi nampaknya febih  dominan

pengaruhnya terhadap tinggi-rendahnya perolehan NEM siswa, dan diperoleh indikasi bahwa proses mengajar-befajar pada  siswa kefas 6 sekofah dasar di Kotamadya  Yogyakar1a dapat memberi bekaf pada siswanya untuk menghadapi EBTANAS sepanjang siswa aktif mengikuti proses be/ajar di kefas dan mengerjakan tugas-tugas PR yang diberikan guru s�ara tertib.

 

Kata  Kunc i: Pola belajar, NEM, lnteligensi

Article Details