Main Article Content
Abstract
Tujuan penefitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh po/a bela1ar
yang digunakan siswa kelas 6 sekolah dasar terhadap perolehan Nilai
Ebtanas Murni (NEM) pada Eva/uasi Be/ajar Tahap Akhir Nasional
(EBTANAS) mereka.
Cara penelitian adalah dengan mengambil sebanyak enam kelas (239
siswa kefas satu) pada tiga SMP Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Subyek diminta mengisi angket pola  be/ajar sewaktu mereka duduk di kelas  5 sekofah dasar.
Hasil penefitiannya adalah sebagai berikut: Tidak ada  keterkaitan
antara po/a be/ajar yang digunakan oleh siswa kelas 6 sekolah dasar
dengan NEM yang diperoleh.  FaJd'or inteligensi nampaknya febih  dominan
pengaruhnya terhadap tinggi-rendahnya perolehan NEM siswa, dan diperoleh indikasi bahwa proses mengajar-befajar pada  siswa kefas 6 sekofah dasar di Kotamadya  Yogyakar1a dapat memberi bekaf pada siswanya untuk menghadapi EBTANAS sepanjang siswa aktif mengikuti proses be/ajar di kefas dan mengerjakan tugas-tugas PR yang diberikan guru s�ara tertib.
Â
Kata  Kunc i: Pola belajar, NEM, lnteligensi
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).