Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada korelasi antara
inteligensi dan tingkat aspiras, dalam memilih program studi di perguruan
tinggi dan (2) apakah ada perbedaan tingkat aspirasi dalam memilih pro·
gram studi di perguruan tinggi antara pelajar laki-laki dan pelajar perempuan.
Subjek penelitiannya sebanyak 210 pelajar lulusan SMA jurusan A3 (IPS),
terdiri atas 102 pelajar laki-laki dan 108 pelajar perempuan yang sedang
mengikuti bimbingan belajar reguler di Lembaga Pendidikan Gama Exacta
Yogyakarta pada tahun 1996. Variabel tingkat aspiras, diukur dengan skala paired comparison, variabel inteligensi diukur dengan tes inteligensi Advanced Progressive Matrices, sedangkan variabel jenis kelamin dicatat dari identitas subjek yang tertera dalam skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode statistik, menggunakan teknik korelasi proÂduct moment dan ujl-t.
Kesimpulan penelitian ialah (1) terdapat korelasi pos1tif yang sangat
signifikan antara intefigensi dan tingkat aspirasi dafam memilih program
studi di perguruan tingg1; (2) terdapat perbedaan tingkat aspirasi dalam
memum program studi di perguruan tmggi yang sangat s,gnifikan antara
pelajar lak1-faki dan pelajar perempuan. Pe/ajar laki·laki memiliki tingkat
aspirasi yang lebih tinggi daripada pefa1ar perempuan dalam mem11lh proÂ
gram studi di perguruan tinggi.
Kata kunci : Tingkat aspirasl. program studi. inteligensi, jenis kelamin
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).