Main Article Content
Abstract
Anak sejak Iahir sampai berusia 3 tahun merupakan massa terpenting dalam rentang kehidupan seorang anak, karena pada masa ini pertumbuhan otak tengah mengalami lonjakan pertumbuhan yang sangat pesat. Massa usia dini merupakan massa ynag sangat penting sehingga upaya-upaya pendidikan sudah mulai dilakukan oleh orang tua, guru, pengasuh dan orang-orang dewasa yang ada disekitar anak.
Pendidikan pada usia dini merupakan upaya-upaya pendidikan yang dilakukan untuk mengembangkan berbagai macam potensi yang dimiliki oleh anak, seperti : aspek fisik, kognitif, bahasa, motorik, moral, disiplin sosial/emosional, konsep diri, seni dan nilai-nilai agama islam. Anak usia dini adalah individu yang berbeda, ynik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Oleh karenanya upaya- upaya pengembangan yang dilakukan hendaknya tidak membuat anak kehilangan massa bermainnya. Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak, melalui bermain anak meperoleh kesempatan untuk berekplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaannya dan berkreasi melalui bermain dapat membuat anak mengenal dirinya dengan siapa anak bertempat tinggal serta lingkungan temat dimanat anak hidup.
Jumlah anak usia dini di Indonesia berjumlah 28.912.400 anak dengan jumlah masjid sebanyakl 93.893 buah, maka jika setiap masjid dihimbau untuk menyelenggarakan pendidikan anak usia dini diharapkan 30 tahun mendatang Indonesia akan mendapatkan pemimpin yang berkualitas dari sisi agama islam, arif, bijaksana, bermoral, jujur, cerdas, dan santun, dengan demikian perlu kerjasama antara pembuat kebijakan pendidikan untuk anak usia dini dikementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan serta kementrian Agama.
Kata Kunci: Pendidikan anak usia dini, keiompok bermain, bermain didaiam ruangan dan diiuar ruangan, masjid dan agama islamArticle Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.