KKN-PPM PENDAMPINGAN DIVERSIVIKASI PRODUK KELAPA DI DESA NGAMPEL KECAMATAN PITURUH PURWOREJO

Kamariah Kamariah, Sukirman Sukirman

Abstract

Desa Ngampel Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Jawa Tengah merupakan suatu desa yang sebagian warganya merupakan petani. Salah satu komoditi unggulan di Desa Ngampel adalah Pohon Kelapa. Kelapa merupakan tanaman multiguna karena seluruh bagian tanaman ini bermanfaat bagi kehidupan manusia serta mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Produk-produk yang dapat dihasilkan dari kelapa antara lain virgin coconut oil (VCO), minyak goreng,  bahan kosmetik, asap cair, briket, kerajinan berbahan dasar tempurung kelapa dan nata de coco.

Para pelaku usaha masih memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan dan meningkatkan jumlah bahan baku lokal dan keterbatasan pengetahuan dan skill sehingga perlu dilakukan pengembangan. Pengembangan kelapa yang paling efektif adalah dengan pendampingan dan  pemberdayaan masyarakat melalui model teknologi industri rumah tangga melalui diversifikasi produk kelapa sehingga akan diperoleh hasil produk kelapa yang lebih beranekaragam dan berkembang guna memaksimalkan potensi yang ada. Pola pelaksanaan secara tradisional yang ada dikembangkan menjadi pola pelaksanaan yang lebih modern dengan mengembangkan alat produksi dan pemasaran sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk ke arah lebih baik. 

Model pengembangan industri kecil kelapa secara modern di Desa Ngampel ini akan mempunyai manfaat antara lain meningkatkan nilai tambah dari petani kelapa karena mereka dapat mengolah buah kelapa menjadi banyak produk yang dapat dipasarkan. Semakin besar usahanya akan semakin besar pendapatan petani kelapa sehingga akan menjadi bisnis yang berbasis riil pada masyarakat kecil. Semua kegiatan yang dilakukan dalam pendampingan pada pelaku usaha diperlukan kerja sama dari berbagai pihak yang melibatkan masyarakat desa, pemerintah desa, kecamatan dan tokoh masyarakat yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi produk kelapa sebagai unggulan kawasan Desa Ngampel  kecamatan Pituruh.

 

Keywords

Kelapa, Diversifikasi pengolahan, Industri desa


Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.