KKN-PPM OPTIMALISASI WISATA PANTAI JATIMALANG DI KABUPATEN PURWOREJO

Sarwidi Sarwidi, Dyah Hendrawati

Abstract

Desa Jatimalang Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Desa Jatimalang terletak di sekitar Pantai Jatimalang sehingga desa ini memiliki kondisi cuaca yang panas dan lembab. Desa Jatimalang memiliki Pantai Jatimalang yang menjadi dae­rah tujuan wisata yang potensial. Pantai Jatimalang adalah pantai yang memiliki lokasi paling baik di antara pantai yang ada di Kabupaten Purworejo. Pantai Jatimalang ini juga termasuk dalam Kawasan Bahari Terpadu (KBT), sesuai dengan rencana strategi tata ruang nasional dan rencana tata ruang wilayah propinsi Jawa Tengah bagian selatan.

Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat setempat, pengelola dan Dinas terkait dalam pengembangan potensi wisata pantai Jatimalang yang menyebabkan kurang maksimalnya tata ruang wilayah pantai Jatimalang. Oleh karenanya dibutuhkan suatu solusi untuk mendesain tata ruang untuk bersama masyarakat dan pengelola untuk memaksimalkan potensi wisata di Kabupaten Purworejo. Kehadiran mahasiswa KKN UII bertujuan untuk mendorong dan mengotimalkan potensi wilayah Pantai Jatimalang agar terjaga kesinambungan pengelolaannya terutama dalam tata ruang wisata.

Solusi yang dibuat untuk menyelesaikan masalah adalah membuat re-desain tata ruang (site plan) dan pengelolaan wisata secara terpadu.

Keywords

Potensi Wisata, Tata ruang Pantai Jatimalang, Pengelolaan wisata terpadu


Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.