Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus Berkelanjutan “Jasa Konsultansi Manajemen Bisnis dan Ekonomi”

Yanuar Fauzuddin, Agung Bayu Murti, Karlin Karlin

Abstract

Unit usaha kampus yang didirikan bernama “Business and Economics Development and Research Center” (BEDRC) dengan bidang usaha jasa konsultansi manajemen bisnis dan ekonomi. BEDRC didirikan di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Wijaya Putra (UWP), dalam rangka perwujudan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang didanai oleh Kemenristekdikti. Tujuan utama program unit usaha kampus ini adalah mewujudkan dan meningkatkan kontribusi aktif dan nyata dari civitas akademika FEB UWP terhadap kemajuan lingkungan industri dan pemerintah daerah. Selain itu, tujuan utamanya adalah mewujudkan kemandirian unit kegiatan kampus, dalam hal ini di lingkungan FEB sesuai dengan motto UWP, yaitu “Unggul Berbasis Kewirausahaan”. Target khusus dari pengembangan unit usaha ini adalah pendapatan usaha jasa yang mampu menyokong operasional usaha secara mandiri dan memberikan profit guna pengembangan FEB. Target lainnya adalah peningkatan kompetensi civitas akademika FEB UWP dan penyebarluasan nama baik UWP. Metode pengembangan unit usaha ini dilakukan dengan (i) pembuatan badan usaha; (ii) pengadaan ruang, peralatan dan perlengkapan operasional; (iii) penyusunan strategi pemasaran dan pengadaan media promosi; (iv) penyusunan mekanisme operasional; dan (v) pengumpulan tenaga ahli sebagai sumber daya utama. Layanan jasa yang diberikan oleh BEDRC meliputi (i) Jasa Riset; (ii) Jasa Konsultansi; (iii) Jasa Pelatihan dan Inkubasi Bisnis; dengan bidang keahlian Ekonomi Pembangunan. Manajemen dan Akuntansi. Dengan modal pendanaan hibah PPUPIK dari Kemenristekdikti dan kontribusi kampus selama tiga tahun (2016-2018) sebesar Rp. 515.000.000,- dan Rp. 120.000.000,-, BEDRC telah mendapatkan total omset Rp. 1.4465.000.000,-. Perolehan omset ini dihasilkan dari pekerjaan dengan beberapa klien di lingkungan industri dan pemerintah daerah. Peningkatan kompetensi juga dilakukan dengan melibatkan secara langsung dosen-dosen FEB UWP sebagai tenaga ahli dalam setiap pekerjaan. Selain itu juga melibatkan tenaga mahasiswa sebagai tenaga pendukung disetiap pekerjaan. Keberhasilan awal unit usaha ini diraih melalui penguatan strategi pemasaran secara offline maupun online dengan pendekatan penawaran berbasis kebutuhan pelanggan. Strategi ini mampu memberikan daya penetrasi untuk melihat peluang pasar dan menghasilkan output pekerjaan yang dapat secara nyata diaplikasikan oleh klien. Selain itu kerjasama dengan lembaga konsultan sejenis juga menjadi strategi dalam meningkatkan perolehan peluang kerjasama pekerjaan.

Keywords

Unit Usaha Kampus, Jasa Riset, Jasa Konsultansi, Jasa Pelatihan, Inkubasi Bisnis

References

Suryana. 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tim Komunikasi Presiden (2017). Ekonomi Kreatif adalah Pilar Perekonomian Masa Depan, https://kominfo.go.id/content/detail/527/ekonomi-kreatif-adalah-pilar-perekonomian-masa-depan/0/berita .

Bygrave, W., & Zacharakis, A. (2011). Entrepreneurship 2th Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Daft, R. L. (2010). Organization Theory and Design 10th Edition. Mason: South-Western, Cengage Learning.

Hatten, T. S. (2012). Small Business Management : Entrepreneurship and Beyond 5th Edition. Mason: South-Western, Cengage Learning.

Herawati, Y. (2011, November, Edisi Ke-VI). Langkah Wirausaha Dalam Meningkatkan Dan Mengembangkan Usaha. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis-ISSN: 2085-1375.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management 8th Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Subekti, M. (2014, Desember, Vol. 5, No. 2). Pengembangan Model E-Bisnis Di Indonesia. Comtech Bina Nusantara, Jakarta.

Prayoga, M. I., & Dodie, T. (2015, Desember, Vol. 2, No. 3). Identifikasi Peran Komunitas Dalam Pengembangan Bisnis (Studi Kasus Pada Arcapada Motor dan Naked Wolves Indonesia Chapter Bhumi Parahyangan). e-Proceeding of Management-ISSN: 2355-9357.

Prasetyo, Y. W., & Himam, F. (2013, Desember, Vol. 40, No. 2). Pengembangan Identitas Organisasi Sebagai Strategi Bisnis. Jurnal Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.



Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.