Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kecamatan Medanmarelan)

Rosinta Romauli Situmeang

Abstract

Pergerakan Ilmu Pengetahuan sangat menentukan berubah atau tidaknya peradaban manusia, dimana manusia itu sendiri secara kehidupan terus bergerak dan berkembang. Bisnis online, istilah ini mungkin sering kita dengar akhir-akhir ini, bisnis online juga merupakan salah satu industri dengan potensi bisnis yang sangat potensial. Hal ini terjadi seiring dengan perkembangan zaman, yang mana pada saat ini trend dengan belanja online yang sedang marak diterapkan oleh masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dari hal tersebutlah banyak perusahaan yang semula menerapkan bisnis secara offline lalu berbondong- bondong mulai merambah ke bisnis online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Bisnis tentang dampak bisnis online dan lapangan pekerjaan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Variebel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu bisnis online (X1) lapangan pekerjaan (X2) dan variabel terikat dalam penellitian adalah peningkatan pendapatan masyarakat (Y).

Populasi penelitian ini adalah masyarakat pengemudi jasa transportasi Grab di Kecamatan Medan Marelanyang berjumlah sekitar 10.000 orang. Teknik sampling yang digunakan nonprobalitity sampling dengan jenis accidental sampling, dengan pengunaan rumus slovin (taraf kesalahan 5 %) maka diperoleh jumlah sampel 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial bisnis online dan lapangan pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dimana diperoleh hasil sebesar 2,906 untuk variable lapangan pekerjaan sebesar 16,756 dengan taraf signifikan < 0,05. Secara simultan bisnis online dan lapangan pekerjaan berpengaruh positif dan signifijan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat pada jasa bisnis online transportasi Grab di Kecamatan Medan Marelan dimana diperoleh hasil Fhitung lebih besar dari Ftabel(531,443 >3,00 ) dengan taraf signifikan < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah baik secara parsial maupun simultan bisnis online dan lapangan pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan masyarakat pada jasa bisnis online transportasi Grab di Kecamatan Medan Marelan.

Keywords

Bisnis Online, Lapangan Pekerjaan, Peningkatan Pendapatan Masyarakat


Journal Contact

AJIE, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: ajie.dppm@gmail.com

http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

e-ISSN: 2477- 0574

p-ISSN: 2477-3824

ISSN JIK : 2089-3086

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.