Main Article Content

Abstract

Di Indonesia, jagung hanya dimanfaatkan bagian bijinya saja sebagai bahan makanan pokok. Bagian lain dari tanaman jagung, seperti tongkol dan kulitnya, hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak, atau malah dibuang begitu saja. Produk bros dari kulit jagung ini, selain bertujuan untuk mengurangi limbah kulit jagung, juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga dan mahasiswa. Metode pelaksanaan yang dilakukan meliputi tiga tahap, yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Untuk pemasaran, hingga saat ini promosi produk bros kulit (kelobot) jagung telah dilakukan secara online maupun offline. Promosi secara online dilakukan melalui berbagai media sosial, seperti twitter, facebook, instagram, dan whatsapp. Untuk promosi secara offline, produk bros tersebut telah dipasarkan melalui endorsement teman dan kerabat, dijual di area kampus dan lingkungan sekitar, serta dipasarkan melalui reseller, yaitu dengan menitipkan produk untuk dipromosikan dan dijual kembali oleh penjual lain melalui toko online maupun secara langsung.

 

Kata kunci: kulit jagung, kelobot, produk bros

Article Details

References

  1. Julianto, Pramdia Arhando. 2016. Pada 2020, Indonesia Akan Jadi Pusat Mode ‘Fashion’ Hijab Dunia. https://ekonomi.kompas.com/read/2016/06/15/163000626/pada.2020.indonesia.akan.jadi.pusat.mode.fashion.hijab.dunia (diakses tanggal 25 Juli 2018 pukul 22.39).
  2. Kevin, Maynard. 2017. Menilik Negara-Negara Produsen Jagung Dunia. http://validnews.co/Menilik-Negara-Negara-Produsen-Jagung-Dunia-V0000489 (diakses pada Rabu, 25 Juli 2018 pukul 21.06).
  3. Putri, Melisa Riska. 2017. Kementan: Indonesia di Peringkat Tujuh Dunia Produsen Jagung. https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/11/23/ozvbok382-kementan-indonesia-di-peringkat-tujuh-dunia-produsen-jagung (diakses tanggal 25 Juli 2018 pukul 22.41).
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Bros diakses pada Jumat, 15 Juni 2018 pukul 22.19 WIB.
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Aksesori diakses pada Jumat, 15 Juni 2018 pukul 22.19 WIB.
  6. https://uprint.id/blog/perbedaan-brosur-dan-pamflet/ diakses pada Minggu, 17 Juni 2018 pukul 22.41 WIB.
  7. http://washingfactory.com/macam-macam-aksesoris-pakaian/ diakses pada Jumat, 15 Juni 2018 pukul 22.23 WIB.