Main Article Content

Abstract

Meningkatnya tren travelling dengan anggaran rendah dalam beberapa tahun terakhir telah berkontribusi pada munculnya serangkaian platform untuk menyediakan akomodasi yang terjangkau. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai ladang yang menggiurkan bagi para startup berbasis teknologi di sektor perhotelan atau dikenal dengan VHO (virtual hotel operator) yaitu OYO, Reddoorz dan, Airy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality, Brand Image, dan Perceived Ease of Use terhadap Purchase Intention melalui Trust pada VHO tersebut. Non Probability Sampling dengan Convinient Sampling merupakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada 210 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM dengan Amos. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Keputusan Pembelian dipengaruhi secara langsung oleh variabel E-Service Quality, Brand Image, Perceived Ease of Use dan Trust. Variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi secara tidak langsung oleh variabel E-Service Quality, Brand Image, dan Perceived Ease of Use through Trust. Lebih lanjut, dapat diketahui bahwa variabel Trust paling langsung dipengaruhi oleh citra merek. Variabel Keputusan Pembelian merupakan pengaruh terbesar secara langsung oleh E-Service Quality namun secara tidak langsung dari variabel Perceived Ease of Use melalui variabel Trust memberikan pengaruh terbesar meskipun tidak sebesar pengaruh langsungnya.

 

Kata Kunci: Kualitas E-Service, Citra Merek, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Niat Membeli

Article Details