Main Article Content
Abstract
Di zaman sekarang ini banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan konsep New Wave marketing, dimana konsep tersebut bisa digunakan di marketing secara online maupun offline, untuk sekarang ini dan masa yang akan datang berjualan di media sosial akan menjanjikan keberhasilan untuk meningkatkan penjualan. Melihat jumlah penduduk yang semakin hari semakin meningkat dengan didukung penggunaan media sosial yang meningkatkan pula di Indonesia. Dan oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model new wave marketing yang menggunakan dua belas elemen pada konsep new wave marketing, yaitu Communitization, Confirmation, Clarification, Codification (DNA), Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation, Commercialization, Character, Care dan Collaboration serta memahami faktor-faktor yang menjadi pendukung dan serta penghambat pemasaran produk yang dihadapi Modbymodi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai metode penelitian, dan memperoleh data serta metode analisis sebagai teknik analisis data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dan tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa bahasa lisan atau tulisan masyarakat sebagai sumber dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran produk melalui model New Wave Marketing yang diterapkan oleh Modbymodi telah berlangsung selama kurang lebih 3 tahun sehingga mampu dikenal secara dekat oleh konsumen yang memberikan kepercayaan terhadap Modbymodi dalam inovasi-inovasi terbaru yang mengikuti trend. Metode pemasaran yang diterapkan oleh Modbymodi dapat memberikan solusi bagi konsumen untuk berkomunikasi secara gamblang atau jelas menganai produk yang diinginkan, serta konsumen bisa dalam mengenalkan produk Modbymodi dengan masyarakat yang luas. Analisis model New Wave marketing pada online shop Modbymodi memiliki beberapa faktor pendukung penerapan yang diterapkan oleh Modbymodi diantaranya: kemajuan teknologi yang baik sehingga memudahkan pemasaran melalui online. Produk pada Modbymodi beraneka ragam dan mengikuti trend, harga terjangkau untuk semua kalangan. Adapun kendala yang dihadapi Modbymodi dalam memasarkan produk melalui model New Wave Marketing, diantaranya: Stock yang diinginkan konsumen terkadang tidak tersedia, Stok yang diinginkan konsumen terkadang tidak tersedia di toko, jika harga bahan-bahan naik produsen kesulitan dalam menaikan harga produk. Seringnya berubah trend, Jika harga bahan naik produsen sulit untuk menaikan harga produk.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
PLAGIARISM CHECK
All manuscripts submitted to AJIE will be checked free of plagiarism elements. Manuscripts that do not meet the requirements will be returned to the author for further correction or will be rejected immediately.
The plagiarism check used by AJIE is Turnitin.