Main Article Content

Abstract

Kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi tentang sebuah produk memunculkan sistem belanja baru yang dapat dilakukan secara online. Kemudian, hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menarik minat calon konsumen mereka dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bagian dari digital marketing, strategi ini disebut juga dengan istilah Social Media Marketing (SMM). Salah satu aplikasi media sosial yang saat ini sering digunakan adalah aplikasi Tiktok. Hal ini dapat dibuktikan bahwa Tiktok menjadi aplikasi No.1 yang sering didownload di Indonesia menurut Data Repoltal. Algoritma aplikasi Tiktok yang berbeda dari aplikasi yang lainnya sehingga memudahkan masyarakat untuk viral dan dikenali oleh banyak orang. Maka, muncullah istilah influencer sebagai seseorang yang dapat memberikan suatu pengaruh kepada orang lain. Untuk menjadi perusahaan yang dapat dikenal masyarakat luas, sebuah perusahaan harus memiliki brand image atau citra merek yang baik sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengingat produk apa saja yang dikeluar oleh brand tersebut. Merujuk dari hal tersebut maka muncul pertanyaan pengaruh social media marketing, influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk busana muslim, variabel influencer marketing juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk busana muslim dengan dan variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia.

Keywords

Social Media Marketing Influencer Marketing Brand Image Buying Decisions TikTok App Social Media Marketing Influencer Marketing Brand Image Keputusan Pembelian Aplikasi Tiktok

Article Details

Author Biography

Fitri Eka Aliyanti, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

SINTA: http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6697716&view=overview

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=4tGwjF0AAAAJ

ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/Fitri_Eka_Aliyanti