Main Article Content
Abstract
Society 5.0 dipandang sebagai superrsmart, society atau masyarakat super cerdas dengan menerapkan teknologi digital untuk mendukung eksistensi manusia. Metode yang digunakan merupakan studi literature review atau kepustakaan dengan mengumpulkan konsep-konsep literature yang diidentifikasi memiliki kaitan dengan masalah yang akan dikaji dari berbagai jurnal. Artikel ini bertujuan untuk memutuskan kompetensi serta kecakapan pendidik untuk menghadapi pendidikan era society 5.0. Dengan pendorong dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam era global society 5.0 telah mendorong terjadinya perubahan dalam bidang pendidikan. Persoalan pendidik akan semakin tidak dapat diprediksi memasuki masa Revolusi Industri 5.0, yang mana pendidik diharuskan memiliki kemampuan dalam menghadapi perputaran inovasi, teknologi, dan softskill. Kompetensi pendidik memiliki bagian yang tetap sesuai berdasarkan kemajuan peningkatan sains, teknologi, seni dan budaya. Seperti kecakapan dalam skills 4C dan kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial serta kecakapan penunjang lainnya, sehingga pendidik dapat membuat pembelajaran yang imajinatif dan kreatif serta menumbuhkan model pembelajaran yang berkualitas yang dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan zaman pada era society. Dalam Penelitian menghasilkan dua bahasan utama yaitu, kompetensi pendidik dalam menyongsong pendidikan era society 5.0 serta kompetensi dan kecakapan yang dimiliki pendidik meliputi tantangan dan upaya dalam peningkatannya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
PLAGIARISM CHECK
All manuscripts submitted to AJIE will be checked free of plagiarism elements. Manuscripts that do not meet the requirements will be returned to the author for further correction or will be rejected immediately.
The plagiarism check used by AJIE is Turnitin.