Main Article Content

Abstract

Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki 2 Program Studi di bidang teknologi informasi, yaitu Program Studi  Informatika dan Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika, dengan tersedianya sumber daya manusia yang handal dibidang IT baik staff pengajar maupun mahasiswanya serta terbukanya peluang wirausaha dibidang teknologi informasi, oleh karena itu  dilakukan inisiasi utuk membentuk inkubasi bisnis Teknologi Informatika. Inkubasi bisnis yang dikembangkan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di fakultas yaitu mahasiswa, dosen serta peralatan yang tersedia, inisiasi yang dilakukan berupa pembentukan start up company yang bernama Gudang Techno yang bergerak di jasa layanan IT, layanan sertifiksi kompetensi bidang TI hasilnya adalah mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dalam kuliah dengan menghasilkan beberapa produk IT yang dimanfaatkan oleh masyarakat serta kegiatan sertifikasi kompetensi CISCO dan JENI.

Keywords

inkubator bisnis IT start up company wirausaha

Article Details

References

  1. Anderson, J,S,. Manz, C,C, & Prussia, G,E. (1998). Self-leadership and performance outcomes: the mediating influence of self efficacy. Journal of Organizational Behavior, 19, 523-538.
  2. Sanusi, Achmad (1994). Menelaah Potensi Perguruan Tinggi Untuk Membina Program Kewirausahaan dan Mengantar Kehadiran Pewirausaha Muda. Makalah Seminar Kewirausahaan, Inkubator Bisnis Bandung,STMB -KADIN Jabar.
  3. Muller, Susan, (2008), Encouraging Future Entrepreneurs : The Effect of entrepreneurship Course Characteristic on Entrepreneur Intention, Disertation of University of University of St. Gallen Irchel, Zurich
  4. Sarosa, Pietra (2004). Kiat Praktis Membuka Usaha, Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses .Jakarta:Elex Media Komputindo