Main Article Content
Abstract
IndiHome adalah salah satu produk dari PT. Telekomunikasi Indonesia yang merupakan suatu paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah, internet, dan paket untuk televisi interaktif yang biasa disatukan dalam satu paket 3 in 1. Karena banyaknya pelanggan yang memakai layanan IndiHome, tujuan dari penelitian ini adalah ingin meneliti mengenai prediksi jumlah pelanggan indihome untuk beberapa periode kedepan dengan menggunakan peramalan. Hasil dari penelitian ini diharapkan pihak PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Cirebon lebih memperhatikan pelanggan setia IndiHome dan pelayanan yang diberikan dalam melayani pelanggan dikarenakan sangat berpengaruh pada jumlah penjualan IndiHome. Penelitian menggunakan data sekunder yaitu data jumlah penjualan IndiHome di Kota Cirebon pada bulan Januari 2017 – Maret 2022 dengan banyak data adalah 61 data. Variabel yang digunakan adalah variabel bulan dan variabel jumlah penjualan IndiHome. Metode yang digunakan adalah Double Exponential Smoothing dan Triple Exponential Smoothing model additive dan multiplicative. Hasil dari kedua metode tersebut akan dibandingkan dan dipilih sesuai dengan tingkat kesalahan (MAPE) terkecil, didapatkan metode terbaik yang digunakan untuk peramalan adalah Triple Exponential Smoothing model multiplicative dengan nilai MAPE nya adalah 17% dan dianggap jika nilai akurat dan baik.