Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Amabile. (1989). Growing Up Creative. New York: Crown Publishing
- Amtiningsih, S., Sri, D., & Dewi, P. S. (2016). Peningkatan kemampuan berfikir kreatif melalui penerapan guided inquiry dipadu brainstorming pada meteri pencemaran air (Improving creative thingking ability through guided inquiry combined brainstorming application in material of water pollution). Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868-872.
- Anggraini, Dian Mustika. (2018). Pengembangan bahan ajara permaian tangram dalam pembelajaran bangun datar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Surya Buana Kota Malang. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
- Anjarsari, Meisa Dwi. (2013). Meningkatkan hasil belajar materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar menggunakan media tangram di sekolah dasar. JPGSD, 1(2), 0-216.
- Arief, Y. S., Dhianita, B., & Ratri, I. (2008). Bermain origami meningkatkan kreatifitas anak usia sekolah (Playing origami enchance the creativity of school aged children), Jurnal Ners, 3 (1), 42-48.
- Armandita, P., Eko, W., Lintang, R., Anisma, S., & Samanta, R. (2017). Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran fisika kelas XII MIA 3 SMA N 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-135.
- Campbell, David. (1989). Mengembangkan Kreativitas. Kanisius.
- Elfiani, Fika. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII F Ma’arif NU Wangon melalui pembelajaran ideal problem solving. Journal of Mathematics Education, 3 (2), 27-35.
- Febrianti, Y., Yulia, D., & Siti, F. (2016). Analisis kemampuan berfikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121-127.
- Fistianti, Devinta Norma. (2013). Pengaruh permainan konstruktif untuk mengembangkan kreativitas anak usia sekolah. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Mohammadiyah, Surakarta.
- Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran model eliciting activities (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 1, 239-247.
- Hurlock, E.B., Istiwidayanti., & Soedjarwo. (1998). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed). Jakarta: Erlangga.
- Itawari, R., Anizar, A., & Fakhriah. (2017). Penggunaan permainan tangram untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini pada TK FKIP UNSYIAH Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 62-69.
- Khoiri, Nur., Slamet, R., Ummi, K., Nathan . H., & Ani, R. (2017). Teaching creative thinking skills with laboratory work. International Journal of Science and Applied Science:Conference Series, 2(1), 256-260.
- Lailah, U., & Suprayitno. (2013). Peningkatan kreativitas keterampilan membuat karya konstruksi dengan penerapat model pembelajaran langsung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-13.
- Marfu’ah, J., Suparno., & Dewi. R. (2007). Perbedaan kreativitas pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Indigeous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 9(1), 108-118.
- Merdiana, Ferlin. (2014). Implementasi bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom Kota Bengkulu. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Bengkulu, Bengkulu.
- _____., Yaumil, A. A., Suzanna, W., Puji, L.S., Rosemini, A. S., Rifameutia., & Gagan, H. (1988). Laporan penelitian standarisasi tes kreativitas figural. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Indonesia, Jakarta.
- _____. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan:Srategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pistaka Utama.
- _____. (2011). Petunjuk Penggunaan Tes Kreativitas Figural (TKF). Depok: LPSP3 UI.
- Poida, S. N., Alfaiz., & Rila, R. M. (2016). Fakor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak di TK/PAUD Al-Ilkram Ladang Konsi Kabupaten Solok Selatan. (Disertasi tidak dipublikasikan). STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.
- Santrock, John W. (2002). Life- span development: Perkembangan Masa Hidup (5th ed). Jakarta: Erlangga.
- Seniati, L., Aries, Y., & Bernadette, N. S. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
- Shokiyah, Nunuk Nur. (2015). Mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Jurnal Penelitian Seni Budaya, 7(2), 182-191.
- Trisdaryanty, S., Dewi, A., Teguh. D. P., & Andityo. P. L. (1999). Studi eksperimen: Efektivitas pelatihan komik terhadap kreativitas dan pengungkapan diri. Buletin Penalaran Mahasiswa UGM, 5(1),3-5.
- Verlinden, Jay. 2005. Critical Thinking and Everyday Argument. Belmon, CA: Wadsworth/ Thomson Learning, Inc.
References
Amabile. (1989). Growing Up Creative. New York: Crown Publishing
Amtiningsih, S., Sri, D., & Dewi, P. S. (2016). Peningkatan kemampuan berfikir kreatif melalui penerapan guided inquiry dipadu brainstorming pada meteri pencemaran air (Improving creative thingking ability through guided inquiry combined brainstorming application in material of water pollution). Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868-872.
Anggraini, Dian Mustika. (2018). Pengembangan bahan ajara permaian tangram dalam pembelajaran bangun datar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Surya Buana Kota Malang. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Anjarsari, Meisa Dwi. (2013). Meningkatkan hasil belajar materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar menggunakan media tangram di sekolah dasar. JPGSD, 1(2), 0-216.
Arief, Y. S., Dhianita, B., & Ratri, I. (2008). Bermain origami meningkatkan kreatifitas anak usia sekolah (Playing origami enchance the creativity of school aged children), Jurnal Ners, 3 (1), 42-48.
Armandita, P., Eko, W., Lintang, R., Anisma, S., & Samanta, R. (2017). Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran fisika kelas XII MIA 3 SMA N 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-135.
Campbell, David. (1989). Mengembangkan Kreativitas. Kanisius.
Elfiani, Fika. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII F Ma’arif NU Wangon melalui pembelajaran ideal problem solving. Journal of Mathematics Education, 3 (2), 27-35.
Febrianti, Y., Yulia, D., & Siti, F. (2016). Analisis kemampuan berfikir kreatif peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121-127.
Fistianti, Devinta Norma. (2013). Pengaruh permainan konstruktif untuk mengembangkan kreativitas anak usia sekolah. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Mohammadiyah, Surakarta.
Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran model eliciting activities (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 1, 239-247.
Hurlock, E.B., Istiwidayanti., & Soedjarwo. (1998). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed). Jakarta: Erlangga.
Itawari, R., Anizar, A., & Fakhriah. (2017). Penggunaan permainan tangram untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini pada TK FKIP UNSYIAH Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 62-69.
Khoiri, Nur., Slamet, R., Ummi, K., Nathan . H., & Ani, R. (2017). Teaching creative thinking skills with laboratory work. International Journal of Science and Applied Science:Conference Series, 2(1), 256-260.
Lailah, U., & Suprayitno. (2013). Peningkatan kreativitas keterampilan membuat karya konstruksi dengan penerapat model pembelajaran langsung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-13.
Marfu’ah, J., Suparno., & Dewi. R. (2007). Perbedaan kreativitas pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Indigeous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 9(1), 108-118.
Merdiana, Ferlin. (2014). Implementasi bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Shandy Putra Telkom Kota Bengkulu. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Bengkulu, Bengkulu.
_____., Yaumil, A. A., Suzanna, W., Puji, L.S., Rosemini, A. S., Rifameutia., & Gagan, H. (1988). Laporan penelitian standarisasi tes kreativitas figural. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Indonesia, Jakarta.
_____. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan:Srategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pistaka Utama.
_____. (2011). Petunjuk Penggunaan Tes Kreativitas Figural (TKF). Depok: LPSP3 UI.
Poida, S. N., Alfaiz., & Rila, R. M. (2016). Fakor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak di TK/PAUD Al-Ilkram Ladang Konsi Kabupaten Solok Selatan. (Disertasi tidak dipublikasikan). STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.
Santrock, John W. (2002). Life- span development: Perkembangan Masa Hidup (5th ed). Jakarta: Erlangga.
Seniati, L., Aries, Y., & Bernadette, N. S. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Shokiyah, Nunuk Nur. (2015). Mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Jurnal Penelitian Seni Budaya, 7(2), 182-191.
Trisdaryanty, S., Dewi, A., Teguh. D. P., & Andityo. P. L. (1999). Studi eksperimen: Efektivitas pelatihan komik terhadap kreativitas dan pengungkapan diri. Buletin Penalaran Mahasiswa UGM, 5(1),3-5.
Verlinden, Jay. 2005. Critical Thinking and Everyday Argument. Belmon, CA: Wadsworth/ Thomson Learning, Inc.