Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan shalat khusyuk untuk mengurangi perilaku seksual pranikah pada mahasiswa yang berpacaran di Universitas X. Pelatihan shalat khusyuk adalah upaya penyadaran dan latihan shalat dengan khusyuk untuk mengembalikan kesadaran jiwa sehingga menjadi jiwa yang tercerahkan dan mampu mengendalikan dorongan negatif, seperti nafsu seksual pranikah. Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan peserta penelitian terdiri atas 4 orang mahasiswa yang berusia antara 19 hingga 21 tahun. Efektivitas intervensi dievaluasi dengan metode kuantitatif dan analisis deskriprif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-group pretest-posttest design, dengan analisis prates – pascates. Sebelum pelatihan, peserta menerima skala perilaku seksual pranikah dan skala shalat khusyuk untuk skrining peserta pelatihan. Data penelitian dianalisis dengan wilcoxon signed rank. Hasil dari penelitian ini adalah ketika prates dan pascates memiliki nilai Z sebesar -1.826 dengan sig 0,068 (nilai sig > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna tingkat perilaku seksual pranikah subjek sebelum dan sesudah diberikan pelatihan shalat khusyuk. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan shalat khusyuk memiliki pengaruh dalam mencegah perilaku seksual pranikah pada mahasiswa yang berpacaran di Universitas X.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).