Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihan pengembangan potensi kewirausaan terhadap kemampuan berwirausaha dapat dilakukan dengan melakukan intervensi pengembangan potensi kewirausahaan siswa. Rancangan program diuji coba pada 147 siswa SMK di Jatinangor. Pelatihan dilakukan melalui metode experiental learning. Pelatihan dilakukan selama 2 hari dengan penekanan pada kemampuan mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakat; mengenali potensi diri, motivasi untuk berprestasi, kreativitas, dan memahami sendi-sendi kepemimpinan; serta menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. Melalui analisis Sikap terhadap Wirausaha siswa, maka diketahui bahwa kontribusiSelf Esteem yang dimiliki oleh siswa tergolong lebih rendah dibandingkan dengan aspek-aspek lain dalam membangun sikap kewirausahaan, yaitu Achievement, Innovation, dan Personal Control. Diperlukan dorongan dan pengawasan dari lingkungan sebagai upaya dalam mengembangkan potensi kewirausahaan yang dimiliki oleh siswa.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).