Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan membangun relasi terhadap peningkatan kinerja tim. Subjek penelitian ini adalah 44 orang karyawan BPR X Yogyakarta Divisi Pemasaran yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu22 karyawan sebagai kelompok eksperimen dan 22 karyawan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kinerja tim, wawancara dan observasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis varian (anava) menguji pengaruh pelatihan relationship building terhadap peningkatan kinerja tim. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu pada prates dan pascates kinerja tim menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan pelatihan relationship building dengan nilai F = 33,901, p<0,01. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan relationship building dapat meningkatkan kinerja tim karyawan PT BPR X Yogyakarta.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).