Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan pemaknaan Surat Al-Insyirah dalam mengurangi stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 15 subjek di mana 8 subjek menjadi kelompok eksperimen dan 7 subjek menjadi kelompok kontrol. Karakteristrik subjek di antarannya: 1) Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga khususnya mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, 2) Sedang mengerjakan skripsi, 3) Bersedia menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dikategorikan penelitian true eksperimen. Hasil uji statistika dengan menggunakan teknik analisis Mann Whitney Test menggungkap bahwa nilai Mann Whitney U saat pascates sebesar p=0,49 (p<0,05, signifikan) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan skor pascates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji statistik dengan Wicoxon Signed Ranks untuk membandingkan pascates dan prates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai p=0,025 (p<0,05, signifikan) sehingga dapat dikemukakan bahwa ada perbedaan skor prates dan pascates pada kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji statistik dengan Wilcoxon Signed Ranks untuk membandingkan pascates dan prates pada kelompok kontrol mengungkap nilai p=0,611 (p>0,05, tidak signifikan) sehingga dapat dikemukakan bahwa tidak ada perbedaan hasil prates dan pascates pada kelompok kontrol.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).