Program “Menciptakan Kelas Bersahabat†dan Pengelolaan Kelas

Amitya Kumara, Birlanti Novita Sari, Dinni Asih Febriyanti, Husna Ika Putri Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan Program Menciptakan Kelas Bersahabat terhadap peningkatan kemampuan pengelolaan kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman, serta pengaruh penerapan program tersebut terhadap penurunan agresivitas dan peningkatan prososial pada siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Program “Menciptakan Kelas Bersahabat†merupakan upaya pencegahan bullying yang diadaptasi dari The Anti Bullying and Teasing Program for Preschool Classroom. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di dua TK di Sleman. Penelitian menggunakan desain eksperimen kuasi untreated control group with pre-test and post-test. Kondisi pre dan post guru diukur menggunakan skala pengelolaan kelas, panduan observasi pengelolaan kelas, panduan observasi performa guru, skala pengetahuan dan pemahaman guru, serta checklist adherence. Sedangkan dalam pengukuran terhadap siswa digunakan panduan observasi perilaku agresif dan panduan observasi perilaku pro-sosial. Sebelum program dimulai, guru pada kelompok eksperimen diberi pelatihan mengenai konsep dan prosedur penerapan program untuk kemudian diterapkan pada para siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman meningkat setelah pelatihan. Selanjutnya, penerapan program oleh guru dapat menurunkan agresivitas siswa dan meningkatkan prososial siswa.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Copyright (c) 2016 Jurnal Intervensi Psikologi (JIP)



Contact:

Master of Professional Psychology
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya
Universitas Islam Indonesia
Kampus Terpadu UII
Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584
Telp. +62 274 898444 Ext. 2136
Email: jip@uii.ac.id

 

JIP  (Jurnal Intervensi Psikologi)
Published by:
Master of Proffesional Psychology, Faculty of Psychology and Socio-cultural Sciences, Universitas Islam Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter Journal Visits