Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear

Rezki Pratami, Togi Prima Hasiholan

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menganalisis makna yang terkandung dalam iklan Men’s Biore Cool Oil Clear dalam tiga versi berbeda yaitu versi #BeMagnetic 2019, #RefreshSemangatLo! 2018, Dan Long Riding 2017, serta membahas mitos dan ideologi representasi maskulinitas pria dengan menggunakan teori semiotika Roland Bartes. Metode yang dipergunakan adalah interpretatif dalam paradigma kritis dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep maskulinitas kini cenderung beralih pada new masculinity. Mitos representasi maskulinitas pria yang dibangun dalam 3 iklan Men’s Biore yakni bebas, maskulin, kharismatik, pemimpin, makhluk sosial, gagah berani, dan pengubah dunia. Pesan maskulinitas yang dibentuk oleh komunikator iklan adalah cara mudah mencuci muka agar mampu menjadi sosok maskulin sesuai dengan tren yang kini sedang berkembang. Pria maskulin pada dasarnya adalah pria yang memperhatikan kebersihan dan penampilan diri sendiri, yang membuka sudut pandang baru di masyarakat luas atas stereotype imaji maskulin yang selama ini beredar.

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2020 Jurnal Komunikasi

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi oleh Program Studi Ilmu komunikasi Universitas Islam Indonesia disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.uii.ac.id/index.php/jurnal-komunikasi.