Main Article Content

Abstract

Artikel ini menyajikan perdebatan seputar konvergensi media sebagai suatu fenomena yang tak terelakkan dalam perkembangan media massa abad ke-21. Diawali dengan diskusi perihal definisi konvergensi, penyebab kemunculannya, serta dampaknya bagi manajemen ruang redaksi (newsroom), artikel ini menyajikan ulasan tentang tantangan yang dihadapi organisasi media dalam skala global maupun nasional dengan disertai sejumlah hasil studi kasus di Inggris, Denmark, dan Indonesia. Tulisan ini juga mendiskusikan apakah suratkabar sebagai sebuah bentuk media akan lenyap di tengah pusaran kuat determinasi teknologi dalam industri media massa, dan perubahan mendasar apa saja yang akan terjadi sebagai manifestasi dari konvergensi media. Peluang dan strategi baru bagi pendidikan jurnalisme didiskusikan pada bagian akhir tulisan dengan menyajikan sejumlah usulan gagasan.

Article Details

Author Biography

Zaki Habibi, Universitas Islam Indonesia

Dosen Program Studi llmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
How to Cite
Habibi, Z. (2011). Media Convergence: Newsroom Challenges and Opportunities in the Digital Age. Jurnal Komunikasi, 5(1), 01–06. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/5768