Main Article Content
Abstract
Di banyak negara, perspektif Barat masih mendominasi pendidikan Kehumasan. Pada faktanya, perspektif Barat ini tidak selalu sesuai untuk diaplikasikan di negara atau wilayah yang memiliki perbedaan budaya. Dominasi Barat ini terjadi karena kurangnya kajian mengenai Humas yang menggunakan perspektif selain Barat. Pada akademisi memandang perlunya pengembangan perspektif lain dalam pendidikan Kehumasan. Salah satu perspektif yang dapat memanfaatkan kesempatan ini adalah perspektif Islam. Bagian awal tulisan ini menjelaskan mengenai dominasi Amerika Serikat dalam pendidikan Kehumasan dan kritik yang berkaitan dengannya. Bahasan berikutnya adalah bagaimana melakukan inkorporasi perspektif Islam ke dalam kurikulum pendidikan Kehumasan, dengan menggunakan studi kasus. Bagian terakhir tulisan ini adalah kesimpulan, yang mencatat beberapa tantangan yang akan dihadapi dalam mengembangkan pendidikan Kehumasan yang menggunakan perspektif Islam.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
How to Cite
Prastya, N. M. (2016). Perspektif Islam dalam Pendidikan Public Relations: Sebuah Peluang. Jurnal Komunikasi, 7(1), 55–72. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6399