Main Article Content

Abstract

Penyebaran virus COVID-19 yang sangat cepat di Indonesia, telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang di Indonesia terutama pada bidang pendidikan, hal tersebut kemudian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses belajar-mengajar selama masa pandemi COVID-19. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan agar proses pembelajaran tetap terlaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini adalah dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran daring di masa pandemi menggunakan e-learning menjadi solusi agar kegiatan belajar-mengajar tetap bisa dijalankan. Namun, dalam proses penerapannya tidak serta merta tanpa masalah. Perubahan mendadak dari metode pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (online) dari rumah secara mendadak (karena pandemi COVID-19) membuat proses penerapan pembelajaran daring dirasa kurang efektif. Oleh sebab itu, penting untuk meneliti bagaimana efektivitas penggunaan teknologi informasi terhadap pembelajaran daring di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian statistik kuantitatif non parametrik dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, wawancara, dan kuesioner serta menggunakan metode uji hipotesis Korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel efektivitas penggunaan teknologi informasi (X) dengan variabel pembelajaran daring di masa pandemi (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,611 dengan menggunakan  sebesar 1% (0,01) dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 juga memiliki berbagai kendala dan dampak yang dialami oleh guru, peserta didik, maupun orang tua. Mulai dari lemahnya penguasaan teknologi informasi, hilangnya minat belajar dan motivasi belajar peserta didik, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Sucipto, T. A. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.20885/snati.v1i2.13

References

  1. R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh), vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.
  2. W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020.
  3. N. K. S. Astini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Lemb. Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.
  4. A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, p. 281, 2020.
  5. N. Simatupang, S. Sitohang, A. Situmorang, and I. Simatupang, “Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana,” J. Din. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 197–203, 2020.
  6. N. F. Azzahra, “Indonesia di Masa Krisis Pandemi Covid-19,” Ringkasan Kebijak., vol. 19, no. 2, pp. 1–9, 2020.
  7. Zulhendri, R. G. Yunita, and F. Hayeni, “Journal of Science and Technology: Editorial,” Ef. Pengguna. Teknol. Inf. dalam Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19, vol. 5, no. 1, p. 3, 2021.
  8. U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, 2020.
  9. N. Agustian and U. H. Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” Islamika, vol. 3, no. 1, pp. 123–133, 2021.
  10. E. Surahman, R. Santaria, and E. I. Setiawan, “TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA Pendahuluan Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan,” J. Islam. Educ. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 94–95, 2020.
  11. F. Aziz, “Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” Bioma, vol. 2, no. 1, pp. 14–20, 2020.
  12. D. N. Baety and D. R. Munandar, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19,” EDUKATIF J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 880–889, 2021.
  13. S. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendekatan,” Alf. Bandung, 2010.
  14. R. Hidayat, “Analisis Uji Validasi Dan Reliabilitas Instrumen Kuesioner,” Slideshare, p. 27, 2013.
  15. A. A. Hidayah, A. R. Al, and P. A. Rizqi Mahanani, “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19:,” Value, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2021.