Main Article Content
Abstract
Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home adalah salah satu kebijakan yang diambil oleh perusahaan-perusahaan sebagai cara untuk beradaptasi dengan pandemi COVID-19 yang belum menunjukkan penurunan. Kebijakan ini diterapkan dengan tujuan agar karyawan tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja dengan mengerjakan pekerjaannya secara remote dari rumah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu banyak perusahaan yang menerapkan sistem hybrid, yaitu mempekerjakan sebagian karyawannya dari rumah dan dari kantor sebagai penerapan dari new normal. Salah satu kendala yang ditemui oleh perusahaan yang menerapkan work from office sekaligus work from home adalah data kehadiran karyawan yang tidak terintegrasi dalam sebuah sistem. Untuk mengatasi kendala tersebut, dibutuhkan sebuah sistem presensi yang dapat digunakan baik dari rumah ataupun dari kantor untuk mempermudah proses pengajuan dan pendataan kehadiran karyawan. Sistem ini berbentuk aplikasi berbasis web yang dikembangkan menggunakan Laravel. Selain itu, sebuah Rest API juga dikembangkan agar sistem dapat digunakan pada aplikasi mobile. Makalah ini membahas fitur-fitur apa saja yang dapat diimplementasikan ke dalam sebuah sistem presensi sebagai solusi dari kendala tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa fitur-fitur yang terdapat pada sistem presensi dapat mempermudah proses pengajuan, pendataan, dan manajemen kehadiran karyawan karena sistem dapat dengan mudah digunakan pada web browser dan aplikasi mobile.
Article Details
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Putra, F. P. P. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM PRESENSI UNTUK WORK FROM HOME (WFH) DAN WORK FROM OFFICE (WFO) SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.20885/snati.v1i2.9