Main Article Content
Abstract
Taman Sampah atau TAMPAH, merupakan unit usaha BUMDesa Tumang Desa Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Tujuan dari pendirian unit usaha Taman Sampah diantaranya untuk mengatasi masalah sampah di Desa Cepogo, memperbaiki pola kebiasaan membuang sampah masyarakat, dan menjaga kelestarian lingkungan. Dalam implementasinya, masih banyak warga masyarakat Desa Cepogo yang belum mengetahui akan fungsi atau keberadaan unit usaha Taman Sampah tersebut. Dengan demikian dibutuhkan gagasan atau inovasi yang lebih, agar masyarakat dapat mengetahui tujuan akan unit usaha TAMPAH tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan terkait perancangan user experience pada user interface desain aplikasi mobile Taman Sampah atau TAMPAH dengan metode design thinking. Beberapa tahapan yang dilakukan dengan metode design thinking, meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Dalam penelitian ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memberikan inovasi terkait rancangan desain aplikasi TAMPAH yang bertujuan sebagai upaya pengelolaan sampah dan mengurangi sampah yang ada di Desa Cepogo.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Adi Wahyu Bimantara, Irving V Paputungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.