Main Article Content

Abstract

Makalah ini menyajikan penjelasan tentang aplikasi Duolingo, yang merupakan aplikasi pembelajaran nomor satu dengan 500 juta pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fitur-fitur pada aplikasi Duolingo yang membuat aplikasi ini menjadi aplikasi pembelajaran bahasa nomor satu, sehingga aplikasi pembelajaran lain dapat mengikuti jejaknya. Metode kualitatif akan digunakan untuk pengaruh fitur-fitur Duolingo terhadap popularitasnya. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi preferensi pengguna aplikasi Duolingo melalui wawancara. Responden mengatakan fitur-fitur pada aplikasi Duolingo sangat menarik perhatian khususnya fitur leveling. Dari hasil wawancara yang didapat, 10 dari 10 orang menyatakan bahwa aplikasi Duolingo ini sangat cocok bagi pemula untuk belajar berbahasa Inggris, dan 5 dari 10 orang juga menyatakan bahwa aplikasi Duolingo ini cocok untuk orang yang sudah pandai berbahasa Inggris. Selain wawancara, review-review mengenai Duolingo di Google Play Store, maupun review di artikel-artikel juga akan berperan sebagai data sekunder. Data tersebut akan menguatkan data wawancara dan juga hasil dari penelitian. Hasil yang dapat disimpulkan bahwa fitur-fitur pada aplikasi Duolingo berperan penting dalam kepopuleran aplikasi ini. Salah satu fitur yang disukai oleh pengguna adalah adanya sistem level, yang membuat pengguna merasa memiliki kemajuan dalam belajar

Article Details

How to Cite
Hardiyanto, M. R. P., Pahlevi, G., & Nugroho, M. F. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28