Main Article Content

Abstract

Marketplace merupakan sebuah pasar virtual atau online dimana pasar tersebut menjadi tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi. Berdasarkan data dari Kementrian kominfo, pada tahun 2021 telah diterima 115.756 laporan penipuan transaksi online. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung melakukan pembelian online dengan metode pembayaran langsung ke penjual tanpa melibatkan pihak ketiga dalam mengamankan dana pembayaran. Hal ini mengakibatkan adanya peluang transaksi tidak aman diantaranya : setelah di transfer penjual mengirimkan nomer resi palsu, barang yang datang tidak sesuai, mengirimkan barang tanpa ada isinya. Untuk menyelesaikan permasalah tersebut dirancang sebuah sistem yang menerapkan sebuah metode agar dapat menampung atau mengamankan dana pembayaran. Metode usulan yang digunakan yaitu extreme programming (XP) dengan arsitektur monolitik. Extreme programming (XP) adalah salah satu metode pengembangan software yang termasuk dalam agile modelling. Arsitektur monolitik adalah arsitektur perangkat lunak yang dalam prosesnya terdiri dari beberapa komponen yang tergabung jadi satu. Fokus masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Penerapan pembayaran dengan metode payment gateway untuk keamanan, (2) Sistem website dibuat dengan bahasa pemograman Hypertext Prepocessor (PHP) native, (3) Sistem spesifik dapat melakukan pembayaran dengan satu metode pembayaran. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Rekber yang dapat jalankan secara baik oleh pengguna. Hasil pengujian usability system scale (SUS) diperoleh nilai 77 dan termasuk dalam kategori score GOOD yang artinya website Rekening Bersama layak dan dapat diterima oleh pengguna.

Keywords

payment gateway extreme programming arsitektur monolitik

Article Details

How to Cite
Yunitarini, R., Negara, Y. D. P., & Kamil, N. I. (2023). Aplikasi Rekening Bersama (Rekber) Terintegrasi Payment Gateway Menggunakan Metode Extreme Programming Dengan Arsitektur Monolitik. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.29