Main Article Content

Abstract

Grammar merupakan hal yang esensial untuk dipelajari serta dipahami oleh setiap
pembelajar Bahasa Inggris. Pembelajaran Grammar diharapkan tidak hanya berlangsung
di dalam kelas tetapi juga di luar kelas sebagai bentuk dari upaya lifelong learning dan
implementasi Grammar secara kontekstual. Itulah kenapa banyak media pembelajaran
diciptakan dan dikembangan untuk membantu proses pembelajaran Grammar yang dapat
diakses kapanpun dan dimanapun berada. Salah satu media yang kredibel dan sangat
familiar bagi pembelajar Bahasa Inggris yaitu website Corpus of Contemporary American
English (COCA Corpus). Website ini merupakan media berbasis teknologi yang
menyediakan lebih dari satu juta kata Bahasa Inggris Amerika Kontemporer, yang di
dalamnya terdapat berbagai fitur untuk mempelajari berbagai aspek pembelajaran dalam
Bahasa Inggris. Namun, akibat dari banyaknya fitur yang disediakan, website ini menjadi
website yang terlalu rumit untuk sekedar digunakan mempelajari satu aspek kebahasaan.
Maka dari itu, dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development), peneliti mengeksplorasi sebagian repository yang tersedia dalam
COCA Corpus untuk diklasifikasikan dan difokuskan pada struktur tata bahasa pada setiap
kata dalam kalimat. Proses penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data penelitian
berupa hasil dari preliminary study, angket expert validation dan uji kelayakan melalui
kuisioner terhadap 32 responden. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype desain
aplikasi yang bernama "Corpus Grammar" yang kemudian direduksi dan dianalisis secara
kuantitatif untuk hasil berupa angka, dan secara deskriptif untuk hasil observasi dan
wawancara pada preliminary study. Hasil validasi dan uji kelayakan dari seluruh aspek
menunjukkan adanya tingkat validitas diatas 70%, sehingga dapat disimpulkan bahwa
aplikasi “Corpus Grammar” memiliki validitas dan kelayakan yang baik dan sangat baik
untuk diaplikasikan.
Kata Kunci: Aplikasi, Corpus-English, Grammar, Media Pembelajaran.

Keywords

Aplikasi Corpus-English Grammar Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Istifadah, & Salabila, Q. (2023). CORPUS GRAMMAR: MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN TATA BAHASA INGGRIS PEMBELAJAR BAHASA ASING DI ERA 5.0. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 15(01). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol15.iss1.art1

References

Read More