Main Article Content

Abstract

Grammar merupakan hal yang esensial untuk dipelajari serta dipahami oleh setiap
pembelajar Bahasa Inggris. Pembelajaran Grammar diharapkan tidak hanya berlangsung
di dalam kelas tetapi juga di luar kelas sebagai bentuk dari upaya lifelong learning dan
implementasi Grammar secara kontekstual. Itulah kenapa banyak media pembelajaran
diciptakan dan dikembangan untuk membantu proses pembelajaran Grammar yang dapat
diakses kapanpun dan dimanapun berada. Salah satu media yang kredibel dan sangat
familiar bagi pembelajar Bahasa Inggris yaitu website Corpus of Contemporary American
English (COCA Corpus). Website ini merupakan media berbasis teknologi yang
menyediakan lebih dari satu juta kata Bahasa Inggris Amerika Kontemporer, yang di
dalamnya terdapat berbagai fitur untuk mempelajari berbagai aspek pembelajaran dalam
Bahasa Inggris. Namun, akibat dari banyaknya fitur yang disediakan, website ini menjadi
website yang terlalu rumit untuk sekedar digunakan mempelajari satu aspek kebahasaan.
Maka dari itu, dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development), peneliti mengeksplorasi sebagian repository yang tersedia dalam
COCA Corpus untuk diklasifikasikan dan difokuskan pada struktur tata bahasa pada setiap
kata dalam kalimat. Proses penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data penelitian
berupa hasil dari preliminary study, angket expert validation dan uji kelayakan melalui
kuisioner terhadap 32 responden. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype desain
aplikasi yang bernama "Corpus Grammar" yang kemudian direduksi dan dianalisis secara
kuantitatif untuk hasil berupa angka, dan secara deskriptif untuk hasil observasi dan
wawancara pada preliminary study. Hasil validasi dan uji kelayakan dari seluruh aspek
menunjukkan adanya tingkat validitas diatas 70%, sehingga dapat disimpulkan bahwa
aplikasi “Corpus Grammar” memiliki validitas dan kelayakan yang baik dan sangat baik
untuk diaplikasikan.
Kata Kunci: Aplikasi, Corpus-English, Grammar, Media Pembelajaran.

Keywords

Aplikasi Corpus-English Grammar Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Istifadah, & Salabila, Q. (2023). CORPUS GRAMMAR: MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN TATA BAHASA INGGRIS PEMBELAJAR BAHASA ASING DI ERA 5.0. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 15(01). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol15.iss1.art1

References

  1. Romadhon SA, Qurohman MT, Johan F. Peningkatan Pemahaman Grammar Berbasis Web Englishclub.Com Bagi Siswa Smk Astrindo Tegal. J Pendidik Pembelajaran Pemberdaya Masy. 2020;II(1):102–7.
  2. Pujiani T, Nisa K, Soali M. Pelatihan TOEFL online melalui media Youtube untuk santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto. Al Mu’awanah J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(2):16–22.
  3. Wardani SK. Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Muhammadiyah Pacitan. Indones J Netw Secur. 2013;2(2):2302–5700.
  4. Fajar DA, Agustina D. Independent Learning for Improving English Skills of Students in English Language Education, Pekalongan
  5. University. Surakarta English LitJ. 2019;2(2):67.
  6. EGEL IP. Learner autonomy in the language classroom: From teacher dependency to learner independency. Procedia - Soc
  7. Behav Sci. 2009;1(1):2023–6.
  8. Suwastika IWK. Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. J Sist dan Inform. 2018;13(1):1–5.
  9. Ayu M. Online Learning: Leading e-Learning at Higher Education. J English Lit Educ Teach Learn English as a Foreign Lang. 2020;7(1):47–54.
  10. Nuraniwati T, Lathifah AF. Kolokasi Bahasa Inggris Dalam Tugas Akhir Mahasiswa: Analisis Berbasis Frekuensi Dengan Google Sebagai Korpus. JLA (Jurnal Ling Appl. 2018;1(2):155.
  11. Dewi Salma Prawiradilaga. Prinsip Desain Pembelajaran. kencana; 2015.
  12. Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 25th ed. Bandung: Alfabeta; 2017.
  13. Biklen SK, Bogdan R. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. 1992;5.
  14. Balaei P, Ahour T. Information Technology Students’ Language Needs for their ESP Course. Int J Appl Linguist English Lit. 2018;7(2):197.
  15. Haryono EP, Taju DR, Tombokan FF, Lonan TP. Needs Analysis dalam Konteks ESP (English for Specific Purpose): AnalisisKebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Teknik Sipil. 2020;2(3):36–47.