Main Article Content

Abstract

Metode tutor sebaya merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan langsung siswa dalam proses belajar. Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya sangat cocok digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa disekolah. Dalam proses pembelajaran, minat siswa memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Mts Generasi Emas Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Mts Generasi Emas Bali  yang berjumlah 32  siswa. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan linearitas yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 30 siswa, ada pengaruh yang signifikan antara penerapan tutor sebaya  terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mts Generasi Emas Bali. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan tingkat probabilitas signifikan sebesar 0,003 , dengan demikian p < 0,005, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat belajar peserta didik kelas 8  mata pelajaran pendidikan agama islam di Mts Generasi Emas Bali.

Keywords

Pendidikan Tutor sebaya Minat belajar

Article Details