Main Article Content
Abstract
Metode tutor sebaya merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan langsung siswa dalam proses belajar. Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya sangat cocok digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa disekolah. Dalam proses pembelajaran, minat siswa memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Mts Generasi Emas Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Mts Generasi Emas Bali yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan linearitas yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 30 siswa, ada pengaruh yang signifikan antara penerapan tutor sebaya terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Mts Generasi Emas Bali. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan tingkat probabilitas signifikan sebesar 0,003 , dengan demikian p < 0,005, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran tutor sebaya terhadap minat belajar peserta didik kelas 8 mata pelajaran pendidikan agama islam di Mts Generasi Emas Bali.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2019 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.