Main Article Content
Abstract
Pondok Pesantren ICS Aswaja Lintang Songo mempunyai beberapa program yang ditawarkan. Selain ilmu agama, Pondok Pesantren ICS Lintang Songo juga menawarkan ilmu-ilmu umum seperti kehutanan, pertanian, perikanan, peternakan, perkoperasian, dan lain sebagainya. Semua program tersebut dijalankan secara rutin oleh lebih dari 70 santri, 1500 jama’ah malam kliwon dari berbagai daerah, 38 tempat pengajian bulanan, dan bekerjasama dengan 5 kementrian, serta 7 perguruan tinggi. Penelitian ini akan membahas tentang Motivasi ponpes menerapkan konsep pendidikan entrepreneur, Bagaimana implementasi Pendidikan entrepreneurship dan Kendala-kendalanya dalam pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data penelitian dibedakan berupa data kata-kata, tindakan, data tertulis, dan foto. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan praktek pelaksanan berwirausaha yang tidak lepas dari nilai-nilai islam. Islam mendorong umatnya untuk berproduksi dan menekuni aktifitas ekonomi dalam segala bentuknya. Selain itu timbulnya rasa dari para pimpinan pesantren yang menghawatirkan santrinya saat pulang kedaerah masing-masing tidak memiliki skill berekonomi secara mandiri. implementasinya para santri diwajibkan untuk mengikuti semua program; pertanian perkebunan, perhutanan, perkebunan, industri rumahan, dll. Namun santri akan dilepas kembali, di beri kebebasan untuk memilih passion yang sesuan dengan keinginan santri.dan kendala dalam implementasi Pendidikan enterprenerur ada dua faktor, yang pertama faktor interneal yaitu tentang latar belakang santri yang berbeda-beda, kedua faktor eksternal yaiutu keterbatasan dana yang menjadi penghambat Pendidikan. Pontok pesantren Aswaja Lintang Songo juga percaya bahwa Islam memberkati perbuatan duniawi ini dan memberi nilai tambah sebagai ibadah kepada Allâh dan jihad dijalan-Nya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Babun Suharto. (2008). Dari Pesantren Untuk Umat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Integrated System di Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Yogyakarta, http://www.nu.or.id/post/read/56384/integrated-system-di-pesantren-isc-aswaja-lintang-songo yogyakarta on Thursday the 21st of 2019 at 09.40pm
- Leonardus Saiman. (2014). Kewirausahaan Teori, Praktik dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
- Ma’ruf Abdullah. (2013) Wirausaha Berbasis Syariah, Yogyakarta: AswajaPressindo.
- Moleong. Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
- Michel Huberman. A & Matthew B. Miles. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta
- Mubasyaroh. (2009). Tradisi pesantren. Kudus: STAIN Kudus Press.
- Najanuddin. (2013) “Pendidikan Kemandirian Berbasis Pesantren (Studi terhadap Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy‟ari Yogyakarta 2003-2006”, Skirpsi Jurusan Kependidikan Islam Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
- Riza Zahriyal Falah (2018) Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren dalam penelitian tersebut bahwa pondok pesantren Al-Mawaddah. Jurnal Tarbawi Vol. 15. No. 2. Juli – Desember 2018 ISSN : 2088-3102
- RR Aliyyah dan S Rahmah Pendidikan Kemandirian Berbasis Kewirausahaan Independence Education Based On Entrepreneurship Education Tadbir Muwahhid ISSN 2579-4876 e-ISSN 2579-3470 Volume 1 Nomor 2, Oktober 2017
- Saban Echdar, (2013). Manajemen Entrepreneurship, Yogyakarta: CV Andi Offset.
- Tehug Wangsa, Gandhi HW. (2013). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
- Yusni Fauzi, “Peran Pesantren dalam Upaya Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM) Entrepreneurship (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung)”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, Vol. 06; No. 01; 2012;
- Zaenal Afandi (2019) “Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al- Mawaddah Kudus” BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam P-ISSN: 2442-3718, E-ISSN: 2477-5533 Volume 7, Nomor 1, Juni 2019
References
Babun Suharto. (2008). Dari Pesantren Untuk Umat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Integrated System di Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Yogyakarta, http://www.nu.or.id/post/read/56384/integrated-system-di-pesantren-isc-aswaja-lintang-songo yogyakarta on Thursday the 21st of 2019 at 09.40pm
Leonardus Saiman. (2014). Kewirausahaan Teori, Praktik dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Ma’ruf Abdullah. (2013) Wirausaha Berbasis Syariah, Yogyakarta: AswajaPressindo.
Moleong. Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Michel Huberman. A & Matthew B. Miles. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta
Mubasyaroh. (2009). Tradisi pesantren. Kudus: STAIN Kudus Press.
Najanuddin. (2013) “Pendidikan Kemandirian Berbasis Pesantren (Studi terhadap Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy‟ari Yogyakarta 2003-2006”, Skirpsi Jurusan Kependidikan Islam Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Riza Zahriyal Falah (2018) Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren dalam penelitian tersebut bahwa pondok pesantren Al-Mawaddah. Jurnal Tarbawi Vol. 15. No. 2. Juli – Desember 2018 ISSN : 2088-3102
RR Aliyyah dan S Rahmah Pendidikan Kemandirian Berbasis Kewirausahaan Independence Education Based On Entrepreneurship Education Tadbir Muwahhid ISSN 2579-4876 e-ISSN 2579-3470 Volume 1 Nomor 2, Oktober 2017
Saban Echdar, (2013). Manajemen Entrepreneurship, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tehug Wangsa, Gandhi HW. (2013). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Yusni Fauzi, “Peran Pesantren dalam Upaya Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM) Entrepreneurship (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung)”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, Vol. 06; No. 01; 2012;
Zaenal Afandi (2019) “Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al- Mawaddah Kudus” BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam P-ISSN: 2442-3718, E-ISSN: 2477-5533 Volume 7, Nomor 1, Juni 2019