Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis fungsi pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang pendidikan madrasah lingkup kerja Kantor Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. lokasi penelitian yaitu di Kantor Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Dengan hasil penelitian bahwa penerapan fungsi pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang madrasah sudah berjalan sebagaimana mestinya dengan memperhatikan kebutuhan madrasah. Pada proses pelayanan meliputi layanan pengajuan izin operasional madrasah, pelayanan pembuatan Surat Keputusan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP, pelayanan bantuan sarana dan prasarana. Pada proses bimbingan meliputi workshop pembuatan soal ujian ,bimbingan mengenai pendataan EMIS (Education Management Information System), serta bimbingan untuk mendapatkan bantuan operasional kegiatan. Dan pada proses pembinaan meliputi pembinaan persiapan akreditasi Lembaga madrasah dan perpustakaan, pembinaan madrasah adiwiyata dan pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS).Tidak ada hambatan dalam menjalankan fungsi pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang madrasah. Hanya saja prosesnya begitu panjang sehingga memakan waktu yang lama. Dan yang menjadi pendukung dalam penerapan fungsi pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang madrasah adalah dukungan guru dan kecintaan guru terhadap profesinya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- _____. 2020. Kedudukan, Tugas, dan Fungsi. https://diy.kemenag.go.id/page-10-tugas-dan-fungsi.html. Diakses tanggal 23 Maret 2021
- Alawiyah, Faridah. 2014. “Pendidikan Madrasah di Indonesia”, Jurnal DPR RI (Aspirasi), Vol 5 No. 1.
- Daulay, Haidar Purta. 2007. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
- Fadjar, Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan
- https://diy.kemenag.go.id/2018/index.php/web/data/11.2 diakses pada 20 Mei 2021.
- Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.
References
_____. 2020. Kedudukan, Tugas, dan Fungsi. https://diy.kemenag.go.id/page-10-tugas-dan-fungsi.html. Diakses tanggal 23 Maret 2021
Alawiyah, Faridah. 2014. “Pendidikan Madrasah di Indonesia”, Jurnal DPR RI (Aspirasi), Vol 5 No. 1.
Daulay, Haidar Purta. 2007. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Fadjar, Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan
https://diy.kemenag.go.id/2018/index.php/web/data/11.2 diakses pada 20 Mei 2021.
Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.