Main Article Content
Abstract
Penerapan Sekolah Ramah Anak menjadi hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan pendidikan karakter. Sekolah Ramah Anak perlu diterapkan secara maksimal oleh seluruh komponen pendidikan demi memenuhi hak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Sekolah Ramah Anak dalam meningkatkan pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari data empirik dan data teoritik. Data empirik bersumber dari wawancara, observasi, dan dokumentasi penelitian. Adapun informan dalam penelitian ini bersumber dari beberapa guru dan peserta didik di SMP Negeri 4 Pakem. Sedangkan data teoritik bersumber dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat keefektifan dari penerapan Sekolah Ramah Anak dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Pakem. Penerapan Sekolah Ramah Anak ini dapat membentuk kepribadian peserta didik dan tentunya sesuai dengan perkembangan zaman
Kata Kunci: Efektivitas, Sekolah, Ramah, Anak
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abidin, A. A., & Pananrangi, A. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemik Covid. Meraja Jurnal, 4(3), 37–52.
- Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222
- Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208
- Candra, T. N. P., & Rizal, M. N. (2021). Sekolah Menyenangkan: Konsep Sekolah Yang Mempromosikan Well-Being Berdasarkan Suara Anak-Anak, Orangtua dan Guru di Indonesia: Grounded Analisis. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 76–94. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/2150
- Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13235
- Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
- Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
- Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 42.
- Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
- Nugraha, A., & Zaman, B. (2014). Hak-hak anak usia dini indonesia. Program Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat, 1–54. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4726/2/PAUD4502-TM.pdf
- Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
- Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757
- Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Ardianti Restianty, R., & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263
- Sulastri, S., & Simarmata, M. Y. (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Aspek Keterampilan Berbicara dan Menulis. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra …, 3, 5–6. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38956
- Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
References
Abidin, A. A., & Pananrangi, A. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemik Covid. Meraja Jurnal, 4(3), 37–52.
Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222
Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208
Candra, T. N. P., & Rizal, M. N. (2021). Sekolah Menyenangkan: Konsep Sekolah Yang Mempromosikan Well-Being Berdasarkan Suara Anak-Anak, Orangtua dan Guru di Indonesia: Grounded Analisis. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 76–94. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/2150
Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13235
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
Kementerian PPPA. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak. Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 42.
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Nugraha, A., & Zaman, B. (2014). Hak-hak anak usia dini indonesia. Program Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat, 1–54. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4726/2/PAUD4502-TM.pdf
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757
Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Ardianti Restianty, R., & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263
Sulastri, S., & Simarmata, M. Y. (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Aspek Keterampilan Berbicara dan Menulis. … Pendidikan Bahasa Dan Sastra …, 3, 5–6. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38956
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480