Main Article Content

Abstract

Korupsi seharusnya menjadi musuh masyarakat Indonesia pada umumnya, bukan hanya pemerintah, polisi maupun pihak berwajib. Oleh karena itu Pendidikan keluarga dan masyarakat yang baik menjadi salah satu jalan untuk memperbaiki moral yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana peran pendidikan islam di dalam keluarga dan masyarakat untuk membentuk perilaku anti-korupsi di Desa Umbulmartani Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Etnografi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pendidikan keluarga dan masyarakat Islam dimulai dari penanaman Pendidikan Aqidah. Yang itu menjadi sebuah kewajiban selain itu dalam masyarakat Pendidikan yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan agama.

Keywords

Pendidikan Islam Keluarga Masyarakat Perilaku anti-korupsi

Article Details

References

  1. Amelia, 2010, Korupsi Dalam Tinjauan Hukum Islam, JURIS, Volume 9 No. 1
  2. Dewantara, K. H. 1961. Ilmu Pendidikan. Taman Siswa.
  3. Drajat, Z. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep Implementasi. Bandung: Alfabeta.
  5. Hamka. 2015. Lembaga Hidup. Jakarta: Republika.
  6. Dacholfany, Ihsan dan Hasanah, M. I. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.
  7. Idi, J. d. 2011. Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
  8. Jailani, M. S. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Islam, 8(2), 247.
  9. Made I Walesah Putra dan I Gusti Agung Ayu Dike Widhyiastuti, 2018, Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Keuangan Dana Desa, Studi Di Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan,Provinsi Bali, Jurnal Ilmiah Prodi Magister Kenotariatan, 3 (1)
  10. Madjid, Nurcholis. 2008. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.
  11. Muzakkir. 2017. Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Ta’dib, 10(1), 150.
  12. Nata, A. 2001. FIlsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
  13. Sanaky, Hujair. A. 2018. Pembacaan Ulang Atas Konsep Pendidikan Dalam Islam. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
  14. Tilar, H. 2010. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Ilmu.
  15. https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-kpk/1462-indeks-persepsikorupsiindonesia-membaik