Main Article Content
Abstract
Kemudahan akses informasi dan komunikasi mempermudah masuknya budaya dari berbagai negara masuk ke Indonesia. Permasalahan kemerosotan moral, karakter, dan akhlak di kalangan remaja merupakan salah satu problematika kehidupan di masyarakat yang merupakan salah satu dampak negatif dari adanya globalisasi dan modernisasi. Kegiatan keagamaan adalah salah satu solusi membenahi karakter, moral dan akhlaq remaja pada saat ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan dampak perilaku social remaja setelah mengikuti dan ditanamkan beberapa nilai-nilai religious dengan metode tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah takmir masjid Sholihin Candirejo, pengurus kepemudaan, perangkat Dusun Candirejo yaitu ketua RW dan remaja aktif. Objek penelitian ini merupakan internalisasi nilai-nilai religiusitas melalui kegiatan agama. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Al Aziz, Saifullah, Fiqih Islam, Lengkap; Pedoman Hukum Ibadah Umat dengan Berbagai
- Permasalahan, (Surabaya: Bintang Terang), Ed. Rev., hlm 269
- Ali, Zaenuddin, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007) Alim
- Mumammad, Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdyakarya, 2011)
- Arifin, “Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Cet. IV; Jakarta, Bumi Aksara, 2000).
- Asmuni, Yusron, Dirasah Islamiah 1, (Jakarta: Raja Grafindo persada, 1997)
- Chrisna, Dian dan Baehaqi Didik, Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk
- Penguatan Jiwa Profetik Siswa, Jurnal Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan 11 November 2017.(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
- Gunarsa, Singgih, 1989. Psikologi Remaja, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta. Gunarsa, Singgih,
- Psikologi Remaja, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta.
- Hamid Ahmad ath-Thahir, Nasehat Rasulullah SAW untuk Anak agar Berakhlak Mulia, terj.
- Ahmad Hotib, (Bandung: Irsyad Baitus Salam,2006),
- Humam As’as, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, (Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ, 2002)
- Jalaludin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), Kahmad, Dadang,
- Sosiologi Agama, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000).
- Majid Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja
- Rosdakarya, 2014)
- Majidah, Siti, Penanaman Nilai Religius di Madrasah, Jurnal Studi Islam dan Muamalah At
- Tahdzib Volume 3 Tahun 2015 Nomor 1.
- Martiana Sri Mulyani, Pengajian Ibu-ibu, dalam digilib.unsri.ac.id Marzuki, Pendidikan
- Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, 2015)
- Masy’ari Anwar, Butir-Butir problematika Dakwah Islamiyah, (Surabaya: PT Bina Ilmu,1993)
- Monks, F. J. dan A.M.P. Knoers. 2006. Psikologi Perkembangan : Pengantar Dalam Berbagai
- Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006)
- Muhammad Nurudin Usman, Panduan Sholat Lengkap, (Solo: Media Insani, 2007),
- Mukhtar, Niken Ardiyanti, dan Erna Sulistiyaningsih. Konsep Diri Remaja Menuju Pribadi
- Mandiri, (Jakarta: Rakasta Samasta, 2003)
- Naim Ngainun, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu
- Dan Pembentukan Bangsa, (Jogjakarta: Arruz Media, 2012)
- Nata, Abuddin. “Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di
- Indonesia”. Cet III. Jakarta: Prenada Media Group, 2003.
- Terakhir,https://jogja.idntimes.com/news/jogja/tunggul-damarjati/polda-diy- tangani-40-kasus-klitih-setahun-terakhir/3. 4 Agustus 2020
- Miles dan Huberman. 1984. Description : Model Analisis Interaktif Miles
- dan Huberman.
- Riyadhus ShslihinJilid I (surabaya: Duta Ilmu, 2006).
- Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung:
- Alfabeta, 2013)
- Tribunjogja, 2020. https://jogja.tribunnews.com/2020/07/17/polsek
- ngampilan tangkap-pelajar-bawa-sajam-jenis-golok. 4 Agustus 2020
References
Al Aziz, Saifullah, Fiqih Islam, Lengkap; Pedoman Hukum Ibadah Umat dengan Berbagai
Permasalahan, (Surabaya: Bintang Terang), Ed. Rev., hlm 269
Ali, Zaenuddin, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007) Alim
Mumammad, Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdyakarya, 2011)
Arifin, “Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Cet. IV; Jakarta, Bumi Aksara, 2000).
Asmuni, Yusron, Dirasah Islamiah 1, (Jakarta: Raja Grafindo persada, 1997)
Chrisna, Dian dan Baehaqi Didik, Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk
Penguatan Jiwa Profetik Siswa, Jurnal Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan 11 November 2017.(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Gunarsa, Singgih, 1989. Psikologi Remaja, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta. Gunarsa, Singgih,
Psikologi Remaja, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta.
Hamid Ahmad ath-Thahir, Nasehat Rasulullah SAW untuk Anak agar Berakhlak Mulia, terj.
Ahmad Hotib, (Bandung: Irsyad Baitus Salam,2006),
Humam As’as, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, (Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ, 2002)
Jalaludin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), Kahmad, Dadang,
Sosiologi Agama, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000).
Majid Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2014)
Majidah, Siti, Penanaman Nilai Religius di Madrasah, Jurnal Studi Islam dan Muamalah At
Tahdzib Volume 3 Tahun 2015 Nomor 1.
Martiana Sri Mulyani, Pengajian Ibu-ibu, dalam digilib.unsri.ac.id Marzuki, Pendidikan
Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, 2015)
Masy’ari Anwar, Butir-Butir problematika Dakwah Islamiyah, (Surabaya: PT Bina Ilmu,1993)
Monks, F. J. dan A.M.P. Knoers. 2006. Psikologi Perkembangan : Pengantar Dalam Berbagai
Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2006)
Muhammad Nurudin Usman, Panduan Sholat Lengkap, (Solo: Media Insani, 2007),
Mukhtar, Niken Ardiyanti, dan Erna Sulistiyaningsih. Konsep Diri Remaja Menuju Pribadi
Mandiri, (Jakarta: Rakasta Samasta, 2003)
Naim Ngainun, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu
Dan Pembentukan Bangsa, (Jogjakarta: Arruz Media, 2012)
Nata, Abuddin. “Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di
Indonesia”. Cet III. Jakarta: Prenada Media Group, 2003.
Terakhir,https://jogja.idntimes.com/news/jogja/tunggul-damarjati/polda-diy- tangani-40-kasus-klitih-setahun-terakhir/3. 4 Agustus 2020
Miles dan Huberman. 1984. Description : Model Analisis Interaktif Miles
dan Huberman.
Riyadhus ShslihinJilid I (surabaya: Duta Ilmu, 2006).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung:
Alfabeta, 2013)
Tribunjogja, 2020. https://jogja.tribunnews.com/2020/07/17/polsek
ngampilan tangkap-pelajar-bawa-sajam-jenis-golok. 4 Agustus 2020