Main Article Content

Abstract

Pengabdian masyarakat di wilayah Kampung Code, Yogyakarta, berperan dalam mendampingi anak-anak di Kampung Code khususnya santri TPA Pelita hati dalam kegiatan keagamaan selama dua minggu awal bulan ramadhan. Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan Relawan Qur’an Indonesia (RQI). Kami memilih Kampung Code sebagai tempat mengabdi adalah karena masih minimnya nilai-nilai keagamaan di daerah tersebut. Tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai agama islam, meningkatkan minat santri TPA dalam belajar dan mendalami agama islam, meningkatkan kualitas pembelajaran TPA, dan memperbaiki fasilitas pembelajaran di TPA. Selama dua minggu berjalannya kegiatan, kami mengisi kegiatan tersebut dengan proses belajar mengajar di TPA, meningkatkan kreatifitas santri, dan kegiatan-kegiatan penunjang semangat santri TPA dalam menuntut ilmu agama. Luaran dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatnya minat dan semangat anak-anak di Kampung Code dalam menuntut ilmu agama, tersedianya fasilitas pembelajaran di TPA yang memadai, dan terciptanya kegiatan TPA yang lebih aktif.
KataKunci:Agama Islam, Pendampingan, Kampung Code, TPA 
Pengabdian masyarakat di wilayah Kampung Code, Yogyakarta, berperan dalam mendampingi anak-anak di Kampung Code khususnya santri TPA Pelita hati dalam kegiatan keagamaan selama dua minggu awal bulan ramadhan. Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan Relawan Qur’an Indonesia (RQI). Kami memilih Kampung Code sebagai tempat mengabdi adalah karena masih minimnya nilai-nilai keagamaan di daerah tersebut. Tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai agama islam, meningkatkan minat santri TPA dalam belajar dan mendalami agama islam, meningkatkan kualitas pembelajaran TPA, dan memperbaiki fasilitas pembelajaran di TPA. Selama dua minggu berjalannya kegiatan, kami mengisi kegiatan tersebut dengan proses belajar mengajar di TPA, meningkatkan kreatifitas santri, dan kegiatan-kegiatan penunjang semangat santri TPA dalam menuntut ilmu agama. Luaran dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatnya minat dan semangat anak-anak di Kampung Code dalam menuntut ilmu agama, tersedianya fasilitas pembelajaran di TPA yang memadai, dan terciptanya kegiatan TPA yang lebih aktif.

Keywords

Agama Islam Pendampingan Kampung Code TPA

Article Details

References

  1. Ahmad Syukuri, Skripsi: Pendidikan Humanisme Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan Dan Y.B Mangunwijaya.
  2. Apri Damai Sagita Krissandi dkk., “Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan Teknis)”, (Jakarta: Penerbit Media Maxima, 2018).
  3. Burhan Nudin, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool”, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2016.
  4. Suryana, Dr. Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Kencana.
  5. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (1).
  6. Wawancara, Bapak Dimas, 20 Maret 2021, Via Zoom.
  7. Wawancara Langsung, Bapak Dimas, 22 Maret 2021, Masjid Kalimosodo Bantaran Kampung Code Yogyakarta.