Main Article Content
Abstract
KataKunci:Agama Islam, Pendampingan, Kampung Code, TPA
Pengabdian masyarakat di wilayah Kampung Code, Yogyakarta, berperan dalam mendampingi anak-anak di Kampung Code khususnya santri TPA Pelita hati dalam kegiatan keagamaan selama dua minggu awal bulan ramadhan. Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan Relawan Qur’an Indonesia (RQI). Kami memilih Kampung Code sebagai tempat mengabdi adalah karena masih minimnya nilai-nilai keagamaan di daerah tersebut. Tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai agama islam, meningkatkan minat santri TPA dalam belajar dan mendalami agama islam, meningkatkan kualitas pembelajaran TPA, dan memperbaiki fasilitas pembelajaran di TPA. Selama dua minggu berjalannya kegiatan, kami mengisi kegiatan tersebut dengan proses belajar mengajar di TPA, meningkatkan kreatifitas santri, dan kegiatan-kegiatan penunjang semangat santri TPA dalam menuntut ilmu agama. Luaran dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatnya minat dan semangat anak-anak di Kampung Code dalam menuntut ilmu agama, tersedianya fasilitas pembelajaran di TPA yang memadai, dan terciptanya kegiatan TPA yang lebih aktif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Ahmad Syukuri, Skripsi: Pendidikan Humanisme Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan Dan Y.B Mangunwijaya.
- Apri Damai Sagita Krissandi dkk., “Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan Teknis)”, (Jakarta: Penerbit Media Maxima, 2018).
- Burhan Nudin, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool”, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2016.
- Suryana, Dr. Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Kencana.
- Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (1).
- Wawancara, Bapak Dimas, 20 Maret 2021, Via Zoom.
- Wawancara Langsung, Bapak Dimas, 22 Maret 2021, Masjid Kalimosodo Bantaran Kampung Code Yogyakarta.
References
Ahmad Syukuri, Skripsi: Pendidikan Humanisme Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan Dan Y.B Mangunwijaya.
Apri Damai Sagita Krissandi dkk., “Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan Teknis)”, (Jakarta: Penerbit Media Maxima, 2018).
Burhan Nudin, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool”, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2016.
Suryana, Dr. Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Kencana.
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (1).
Wawancara, Bapak Dimas, 20 Maret 2021, Via Zoom.
Wawancara Langsung, Bapak Dimas, 22 Maret 2021, Masjid Kalimosodo Bantaran Kampung Code Yogyakarta.