Main Article Content

Abstract

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi memiliki komitmen tinggi dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilanketerampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Dalam amsa pandemi tentunya peran seornag kepala sekolah dan guru terkait dalam proses pembelajaran snagat dibutuhkan apalagi dalam keadanan pandemi pembelajaran dnegan kosep draing ini sangat perlu di perhatikan karena pada sejatinya psikomotorik anak lebih teransnag ketika proses pembelajaran tatap muka dari pada daring , tetepi karena wabah covid menjadi kendala yang sangat meluas diharuskan untuk kuliah dnegan metode daring inilah yang membuat peran guru dan kepala sekolah snagat di burtuhkan perihal prestasi mahasiswa, dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif Pada penelitian ini peneliti mengambil lokasi penelitian di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia, Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga cara yitu observasi, wawancara dan angketdan teknis analisis dalam penelituan ini yaitu menggunakan analisi linier berganda. Berdasarkan analisis data dan pembahasan Kepemimpinan kepala sekolah Tidak berpengaruh dan signifikan 0,283 > 0,05 terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil prestasi akademik siswa di masa pandemi covid-19 di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia. Kulitas berpengaruh positif dan signifikan 0,00 < 0,05 terhadap hasil prestasi siswa di masa pandemi covid-19 di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia. Kepemimpinan kepala sekolah dan Kulitas Pembelajaranberpengaruh secara simultan terhadap hasil prestasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 di SMK Kesehatan Pro-Skill Indonesia dengan p = 0,000. Semakin meningkat atau baik kepemimpinan kepala sekolah dan kulitas pembelajaran, maka hasil prestasi belajar siswa juga akan meningkat.

Keywords

Kepala Sekolah Kulitas Pembelajaran Guru Pandemi Covid-19 Prestasi Siswa

Article Details

References

  1. Adams, Donnie, dkk. 2019. Instructional Leadership: Placing Learning To The Fore, dalam Donnie Adams, Chua Yan Piaw, Kenny Cheah Soon Lee, Bambang Sumintono (Editor), Instructional Leadership To The Fore: Research And Evidence. Kuala Lumpur: University of Malaya.
  2. Agus., S. (2010 ). Kepemimpinan Pada Sekolah Berstandar Nasional (Studi Kasus pada Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP N-1, Gubug). Jurnal Varia Pendidikan. V0l. I nomor 22, 20-31.
  3. Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
  5. Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang : UIN-Maliki Press.
  6. Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Rahmi, S. (2019). Headmaster’s Leadership in Solving Problems at Islamic Elementary School (SDI) Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.267- 280
  8. Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: rajawali Press.
  9. Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada